oleh

Pemprov NTT Mulai Proses Pulau Semau Masuk Wilayah Kota Kupang

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Pulau Semau dipastikan memenuhi syarat untuk masuk wilayah administrasi Kota Kupang. Hal ini disampaikan Kepala Badan Pengelola Perbatasan Daerah Nusa Tenggara Timur, Petrus Seran Tahuk di ruang kerjanya, Selasa (9/3/2021) siang.

Kepada RakyatNTT.com, Petrus menyampaikan Pulau Semau yang kini merupakan wilayah administrasi Kabupaten Kupang memenuhi syarat untuk bergabung ke Kota Kupang. Syarat dimaksud adalah berdasarkan kajian-kajian secara sosial, budaya dan ekonomi. “Semau itu murni keinginan rakyat,” ujarnya.

Iklan Dimonium Air

Terkait proses pemindahan Semau masuk wilayah Kota Kupang, ia menjelaskan saat ini telah diajukan laporan kajian dan surat persetujuan pelepasan Pulau Semau kepada Gubernur Viktor Bungtilu Laiskodat. Nantinya akan ditembuskan kepada Bupati Kupang Korinus Masneno.

“Saat ini Pak Gub sedang menandatangani surat kepada Bupati Kupang untuk tindak lanjut Pulau Semau bergabung ke Kota Kupang,” katanya.

BACA JUGA: Soal Semau Gabung Kota Kupang, Ini Harapan Gubernur VBL

Petrus menjelaskan, Pemprov NTT memproses Pulau Semau masuk wilayah Kota Kupang berdasarkan UU 23 Nomor 2014 tentang Pemerintahan Daerah, dan PP 78 Tahun 2009 Tentang Pembentukan, Penggabungan dan Penghapusan Daerah Otonomi. “Karena Semau ini merupakan mula-mula terobosan di daerah, di Indonesia belum ada, NTT pertama kalinya,” ungkap Petrus.

Sebagai otoritas yang mengelola perbatasan wilayah, Petrus menyampaikan bahwa warga yang mendiami Pulau Semau telah menyatakan sikap untuk pindah ke Kota Kupang. Aspirasi tersebutlah yang kemudian dijadikan kajian sesuai pendekatan sosial, budaya dan ekonomi.

Menurutnya, ketika warga Pulau Semau berpindah ke Kota Kupang, maka ini juga sesuai dengan kultur dan catatan sejarah. Dari sisi ekonomi, pengelolaan kelautan dan perikanan ditangani oleh Pemerintah Kota Kupang. “Dari segi pariwisata Semua juga sedang berkembang dan akan menjadi aset pariwisata nasional,” katanya.

(rnc04)

  • 842
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed