oleh

Hasil Survei Indostrategi: Prabowo Raih Elektabilitas Tertinggi, Ungguli Ganjar dan Anies

Jakarta, RNC – Direktur Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam mengatakan, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto mendapatkan persentase sebesar 31,3% dalam survei capres dengan elektabilitas tertinggi di Pemilu 2024.

Suara tersebut mengungguli Ganjar Pranowo dengan jumlah 20%, lalu ada Anies Baswedan dengan angka 14,9%, selanjutnya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan presentase sebesar 5,3%, dan di urutan kelima ada Ridwan Kamil dengan persentase 4,1%.

banner BI FAST

Arif menjelaskan, tingginya elektabilitas terhadap Prabowo disebabkan oleh dua faktor. Pertama, yakni semakin tingginya pemilih Prabowo pascadeklarasi koalisi Kebangkitan Indonesia Raya antara Gerindra dan PKB.

“Setidaknya ada dua hal mengapa Prabowo unggul, yakni dipicu deklarasi poros Gerindra dan PKB,” kata Arif saat menyampaikan hasil survei secara daring, Jumat (9/9/2022) dilansir dari Okezone.com.

“Deklarasi Gerindra dan PKB juga memicu trend kenaikan elektabilitas Prabowo. Pemilih PKB yang mayoritas berlatar NU mengarahkan pilihannya ke Prabowo. Gus Muhaimin punya peran,” sambungnya.

Faktor kedua, kata Arif, yakni karena masyarakat menilai bahwa Prabowo memiliki kinerja yang baik, dan jarang melakukan pencitraan di sosial media.

“Kinerjanya dianggap baik oleh publik,” ucapnya.

“Tampaknya publik luas juga menyadari bahwa apa yang dipertontonkan dari konten-konten yang diunggah di Medsos oleh beberapa tokoh yang berhasrat menjadi Capres belum tentu benar adanya, hanya berupa pencitraan untuk meraih simpati dan dukungan saja bukan yang sebenar-benarnya,” sambungnya.

Sebagai informasi, Survei Nasional Indostrategi Research and Consulting dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus sampai 5 September 2022.

Populasi survei ini adalah penduduk Indonesia berusia 17 tahun ke atas atau sudah pernah menikah.

Jumlah sampel sebesar 1230 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampel secara multistage random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik direct interview, dengan ambang kesalahan (margin of error) kurang lebih 2,83%.

Baca Juga:  Survei Indekstat: Ganjar, Prabowo dan Anies Masih Tertinggi

(*/okz/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed