oleh

Saksikan Gerhana Bulan Stroberi Malam Ini

Sabun Herbal Cyrus

Jakarta, RNC – Gerhana bulan panumbra atau di negara barat dikenal dengan istilah gerhana bulan stroberi terjadi, Sabtu 6 Juni 2020 dini hari. Jika cuaca mendukung, gerhana bulan ini bisa disaksikan di langit Indonesia.

Dilansir dari Okezone.com, gerhana bulan panumbra terjadi ketika bulan melewati bayangan sebagian bumi atau penumbra. Pada waktu tersebut bulan akan melewati bayangan sebagian sehingga bulan akan lebih gelap dari biasanya.

Gerhana ini disebut juga strawberry full moon karena terjadi di Juni, bulan di mana Amerika Serikat bagian timur laut sedang musim panen stroberi.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan, gerhana bulan penumbra Sabtu dini hari nanti akan dimulai dari pukul 00.45 WIB, puncaknya pukul 02.24, dan berakhir pada pukul 04.04 WIB. Sedangkan puncak strawberry full moon pukul 02.12 WIB.

Saat gerhana terjadi, bulan akan berada dalam jarak 369.005 kilometer dari pusat bumi.
Dikutip dari akun Instagram Dalam akun Instagram @pussainsa_lapan, Jumat (5/6/2020), fenomena strobery full moon dapat dilihat dari arah barat daya.

Menurut LAPAN, purnama bulan ini juga dikenal dengan nama hot moon alias bulan panas karena pada Juni di belahan utara bumi tepatnya di garis balik utara (23,5 derajat Lintang Utara).

Gerhana bulan penumbra akan terlihat di sebagian besar wilayah Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudra Hindia, dan Australia. (sal/okz/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed