oleh

Kuota Internet dari Kemdikbud Sudah Cair, Ini Cara Cek Bantuannya

Iklan Demokrat

Jakarta, RNC – Bantuan paket kuota dan internet gratis dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) periode September 2021 cair Sabtu ini (11/9/2021). Program kuota Kemdikbud ini merupakan bentuk dukungan selama Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di tengah pandemi COVID-19.

Seperti yang sudah disampaikan oleh Mendikbudristek, Nadiem Makarim, bahwa bantuan kuota ini diluncurkan pada 11-15 September, 11-11 Oktober dan 11-15 November 2021. Bantuan kuota data tersebut berlaku 30 hari sejak diterima.

Iklan Dimonium Air

Adapun besaran bantuan kuota Kemdikbud dan aturan penerimanya adalah sebagai berikut.

Besaran bantuan kuota Kemendikbud 2021
– Peserta Didik jenjang PAUD sebesar 7 GB/bulan

– Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah sebesar 10GB/bulan

– Pendidik Jenjang PAUD dan Pendidik Dasar dan Menengah sebesar 12GB/bulan

– Dosen dan Mahasiswa sebesar 15 GB/bulan

Syarat penerimaan bantuan kuota Kemendikbud 2021
– Terdaftar pada aplikasi Dapodik, untuk pelajar dan guru pendidikan dasar dan menengah.

– Terdaftar pada aplikasi PDDikti, untuk mahasiswa dan dosen

– Memiliki nomor HP yang aktif

– Jika penggunaannya nol bytes atau di bawah 1 GB, maka bantuan akan dihentikan pada bulan ketiga dari masa program (November 2021).

Cara cek bantuan kuota Kemdikbud September 2021
Bagi penerima kuota Kemdikbud, berikut ini cara cek bantuan yang cair 11 September 2021 di operator Telkomsel, XL, Indosat, Tri, dan Smartfren.

1. Telkomsel
Bagi pengguna Telkomsel, ketik USSD *888# lalu pilih cek pulsa dan kuota, kemudian pilih cek kuota. Informasi kuota akan muncul di tampilan layar.

2. XL Axiata
Untuk mengecek kuota Kemdikbud pada operator XL, ketik USSD *123*7*1#, lalu pilih ‘Cek Kuota’. Informasi kuota akan muncul di layar.

3. Indosat
Pengguna Indosat bisa cek bantuan kuota Kemdikbud dengan ketik USSD *123*075#, lalu pilih “Status & Cek Kuota”. Informasi akan dikirim via SMS.

4. Tri
Untuk pengguna 3 bisa cek kuota Kemdikbud dengan ketik USSD *123*1083#, lalu pilih menu informasi kuota. Informasi kuota kamu akan dikirimkan lewat SMS.

5. Smartfren
Bagi pengguna Smartfren bisa cek dengan ketik USSD *995#. Informasi akan dikirim via SMS secara otomatis.

Nah, bagi penerima bantuan kuota Kemdikbud diharapkan menggunakan data internet sesuai dengan pemakaian atau kepentingan belajar mengajar.

Adapun beberapa media sosial yang diblokir oleh Kominfo dalam jaringan data kuota Kemdikbud antara lain Facebook, Instagram, Pinterest, SnackVideo dan Snapchat.

Kuota Kemdikbud juga tidak memberikan akses bagi pelajar dengan hobi bermain game. Karena sejumlah permainan berbasis online telah diblokir, mulai dari Garena Free Fire, Garena AOV, FIFA Mobile Football, Clash of Clans, Mobile Legends, PUBG, Roblox.

Tidak hanya itu saja, beberapa aplikasi video pun turut ditutup aksesnya di antaranya TikTok, Viu dan Netflix.
(*/dtc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed