oleh

Lebih dari 45% Warga Desa Nulle-TTS Batal Ikut Pilkades, Ini Alasannya

SoE, RNC – Ribuan warga pemilih di Desa Nulle, Kecamatan Amanuban Barat, Kabupaten Timor Tengah Selatan, terpaksa batal menyalurkan hak suaranya pada pemilihan kepala desa (Pilkades) yang berlangsung Rabu (1/12/2021). Para pemilih ini terlambat mendapat undangan dari panitia Pilkades. Tak sedikit pula yang tidak mendapat undangan.

Berdasarkan hasil penghitungan suara, total surat suara yang terpakai hanya 1.837. Sementara surat suara untuk keseluruhan pemilih sebanyak 3.371 surat suara. Ada 16 surat suara tidak sah. Dengan demikian surat suara yang tidak terpakai karena ketidakhadiran pemilih mencapai 1.534 surat suara.

banner BI FAST

Informasi yang dihimpun RakyatNTT.com, Panitia Pelaksana terlambat mendistribusikan undangan. Bahkan undangan baru disitribusikan pada hari H pemilihan. Ada juga anak berusia 12 tahun yang menerima undangan untuk memilih.

Di salah satu wilayah, Ketua Rukun Tetangga (RT) tidak mendapat undangan. Selain itu, sebanyak 27 warganya dua kali mendapat surat undangan. Surat undangan ini didistribusikan H-1 pemilihan, yakni Selasa (30/11/2021) malam.

Beberapa warga yang tidak mendapat undangan mencoba membawa KTP untuk ikut memilih, namun ditolak panitia Pilkades. Padahal mereka masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pilkades. “Ada 27 (orang). Kami bagi langsung panggil, kalau ada yang dobel langsung simpan memang. Nanti kita takut ini yang dobel ini mereka bisa bawah untuk tusuk lagi. Itu yang kita tidak mau,” ungkap Ketua RT 20, Liantru Pereira kepada RakyatNTT.com, Rabu(1/12/2021) siang.

Ia juga mengungkapkan, dirinya sebagai Ketua RT tidak menerima undangan. Kejanggalan itu pun dipertanyakannya kepada Dinas PMD. “Kita ini warga Indonesia. KTP domisili Nulle masa kita tidak ada (undangan). Ini aneh sekali bapak,” ungkapnya.

Hingga berita ini diterbitkan, panitia Pilkades belum berhasil dikonfirmasi. Ketua Panitia Pelaksana Pilkades Nulle adalah mantan Kepala Desa Nulle periode sebelumnya.

Berikut hasil rekapitulasi suara Pilkades Nulle:

1. Melhelpiades Selan: 910 suara
2. Apris Y. E. Tse: 104 suara
3. Nongky I. Selan: 141 suara
4. Simon Petrus Benu: 631 suara
5. Mesak Tefbana: 32 suara

(rnc26)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed