oleh

UNIPA Indonesia Lepas 573 Wisudawan Angkatan XV secara Daring

Iklan Demokrat

Maumere, RNC – Universitas Nusa Nipa (UNIPA) Indonesia, melepaskan 573 wisudawan Angkatan XV secara daring (Online), melalui Rapat Senat Luar Biasa Tahun Akademik 2020/2021, pada Sabtu (2/10/2021).

Pelaksanaan wisuda yang dilakukan UNIPA Indonesia secara virtual ini, dalam rangka untuk menekan terjadinya penularan Covid-19 di Kabupaten Sikka, Provinsi NTT.

Iklan Dimonium Air

Dalam sambutannya, Rektor UNIPA Indonesia, Dr. Ir. Angelinus Vincentius, M.Si mengatakan, pihaknya melaksanakan wisuda secara daring, agar dapat menekan terjadinya penularan Covid-19. Hal ini dikarenakan Kabupaten Sikka sudah masuk Level II pandemi Covid-19, sehingga pihaknya juga tidak menginginkan untuk kembali ke level atasnya.

“Dengan pertimbangan tersebut, maka acara wisuda dilaksanakan secara Daring (Online), namun tidak mengurangi makna dari acara wisuda itu sendiri, sebagai proses akhir dalam rangkaian kegiatan akademik pada perguruan tinggi,” katanya di Aula Nawacita, UNIPA Indonesia.

Angelinus mengungkapkan, sehubungan dengan acara wisuda ini, maka dengan penuh rasa syukur serta bangga, pihaknya mempersembahkan 573 Sarjana dari 17 Program Studi (Prodi) yang ada pada UNIPA Indonesia dengan rincian S1 Keperawatan 56 orang, Teknik Informatika 31 orang, Teknik Sipil 19 orang, Arsitektur 4 orang, Pendidikan Guru Sekolah Dasar 71 orang, Pendidikan Fisika 3 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 25 orang, Pendidikan Biologi 40 orang, Pendidikan Kimia 17 orang, Agroteknologi 23 orang, Agribisnis 27 orang, Hukum 4 orang, Manajemen Sumberdaya Perairan 26 orang, Ilmu Komunikasi 48 orang, Psikologi 15 orang, Akuntansi 57 orang, dan Manajemen sebanyak 107 orang.

Melalui tema acara wisuda Angkatan XV “Universitas Nusa Nipa Indonesia yang Tangguh, Kreatif dan Inovatif”, Kampus UNIPA kini telah bertransformasi menjadi Universitas Nusa Nipa
Indonesia, berjalan dalam pusaran waktu dan ingin memastikan bahwa perguruan tinggi ini harus tangguh secara manajerial.

Baca Juga:  AKBID Santa Elisabeth Kefamenanu Gelar Wisuda Angkatan V

“Kampus yang tangguh itu juga harus melahirkan lulusan yang tangguh, kuat, tahan, dan optimis untuk bisa beradaptasi dalam berbagai situasi, tantangan dan kondisi yang buruk sekalipun,” jelasnya.

Untuk itu, upaya-upaya pencapaian tersebut diwujudkan dalam berbagai program dan kegiatan, sesuai Renstra UNIPA Tahun 2020-2025, yang memberikan penajaman kepada kenaikan mutu dan kualifikasi universitas unggul, yang terukur melalui kiprah di tingkat nasional, guna menempatkan kampus ini di level nasional.

Lanjut Angelinus, pencapaian saat ini menurut Webometrics Ranking of World Universities yaitu pada bulan Juli 2021, UNIPA Indonesia berada pada ranking 5 terbaik dari antara 56 Perguruan Tinggi (PT) di Provinsi NTT. Kampus UNIPA Indonesia juga menjunjung nilai-nilai kreatif dan inovatif.

Sebagai sebuah organisasi pembelajaran, UNIPA Indonesia pun telah mengupdate kurikulum, menerapkan program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan menambahkan mata kuliah baru yaitu Startup Digital dan Kewirausahaan. Yang mana bekerja sama dengan Gerakan Nasional Startup Digital.

Selain itu, Kampus UNIPA telah mengambil bagian dalam pencapaian Visi “Indonesia Digital Nation 2025” yang dideklarasikan oleh Presiden RI, Ir. Joko Widodo. Serta berupaya mendorong investasi mahasiswa di pasar modal, dengan menggandeng Kantor Bursa Efek Indonesia dan PT. Phillip Sekuritas.

“Tujuannya adalah untuk mengedukasi mahasiswa dan masyarakat dalam merintis usaha menjadi seorang pebisnis di pasar modal, yang dapat dijadikan sebagai pegangan hidup jangka panjang di kemudian hari nanti,” paparnya.

Untuk menjadi tangguh, kreatif dan inovatif, maka Kampus UNIPA Indonesia didukung oleh tenaga pendidik/para dosen, yang tidak hanya memenuhi tuntutan ratio menurut DIKTI, namun juga kualifikasi doktor yang semakin meningkat jumlahnya. Saat ini, UNIPA Indonesia mempunyai tenaga doktor sebanyak 5
orang, kandidat doktor 12 orang, dosen yang bergelar magister 205 orang dan calon magister 52 orang.

Baca Juga:  TPDI Soroti Pergantian Nama Unipa Maumere, Rektor Sebut Didorong oleh Menteri

“Khusus untuk hal ini, saya menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa, yang telah membiayai sendiri pendidikan para dosennya. Benar-benar from zero to hero, UNIPA Indonesia juga sangat concern untuk meningkatkan kompetensi para dosennya. Tidak hanya kompetensi profesional, kompetensi pedagogik juga dilakukan dengan Pelatihan Ketrampilan Teknis Instruksional/PEKERTI, Applied Approach, PEKANSA, Sistem Informasi Akademik, dan Penguatan Administrasi Berbasis Digital,” ungkapnya.

Dalam rangka Wisuda Angkatan XV dan Dies Natalis XVI/Dwi Windu, UNIPA Indonesia telah melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan program vaksinasi terbesar, yakni sebanyak 12.000 dosis vaksin untuk 6.000 sasaran. Dimana program vaksinasi massal ini didukung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia, Real Estate Indonesia, Staf Khusus Presiden RI, Polri dan Polres Sikka, KADIN, Komunitas Tionghoa Maumere, serta Dinas Kesehatan Provinsi NTT dan Kabupaten Sikka.

Dirinya pun berpesan kepada para wisudawan agar selalu mau belajar tentang hal-hal baru. Sebab baginya, seorang pembelajar tangguh bisa beradaptasi terhadap perubahan, optimis dalam menghadapi tantangan dan mampu mengurangi efek negatif yang dihadapi.

Wisudawan Angkatan XV juga diharapkan memiliki future mindset (pandangan tentang masa depan) dengan softskill kolaborasi. Jika tidak demikian, maka dia akan tertinggal. Selain itu juga, perlu dilakukan cara-cara baru yang belum pernah dilakukan orang lain.

“Jadi anda harus menjadi pembelajar tangguh, lincah dan tangkas, sebab hari ini yang dibutuhkan tidak hanya ketepatan tapi juga kecepatan. Namun demikian, kami perlu mengingatkan bahwa hal yang utama adalah integritas dan kejujuran sebagai faktor sukses, serta disiplin dan kerja keras,” bebernya.

Pada kesempatan ini, Angelinus pun menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada orang tua/wali, yang telah mempercayakan putra-putri terbaiknya untuk mengenyam pendidikan di UNIPA Indonesia.

Baca Juga:  Kerja Sama dengan Pemdes, Solideo Farm Ikut Perangi Stunting di Sikka

“Kami ucapkan selamat kepada para wisudawan yang hari ini telah menuntaskan tugas sebagai mahasiswa. Semoga apa yang telah ditempuh, mendapatkan berkat dari Tuhan sehingga dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat dan bangsa. Terima kasih kepada para orang tua/wali dan segenap keluarga wisudawan-wisudawati, karena segala dukungan, perjuangan, kerja-keras dan doa, telah berhasil menghantarkan putra-putrinya meraih gelar sarjana pada hari ini,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara wisuda UNIPA Indonesia Angkatan XV secara Daring ini yaitu, Kepala LLDIKTI XV Wilayah Kupang, Prof. Magadas Lumban Gaol, M.Si., Ph.D., Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Nusa Nipa Drs. Sabinus Nabu, para Senat Universitas Nusa Nipa, para Kaprodi, para Dosen, Wisudawan-wisudawati dan segenap Panitia Pelaksana Wisuda. (rnc24)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed