oleh

10 Bakal Calon DPD RI NTT Belum Penuhi Syarat Jumlah KTP

Kupang, RNC – Sebanyak 18 bakal calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia wilayah Nusa Tenggara Timur secara resmi telah masuk tahapan verifikasi administrasi. Pada tahapan verifikasi administrasi saat ini, hanya 8 nama calon yang memenuhi syarat minimal dukungan.

Ditemui RakyatNTT.com di Hotel Aston, Selasa (17/1/2023), Anggota KPU NTT Divisi Teknis Penyelenggaraan, Lodowik Fredrik menyampaikan setelah KPU NTT menerima 18 berkas administrasi bakal calon DPD RI pada 29 Desember 2022, KPU langsung memulai tahapan verifikasi administrasi pertama yang dijadwalkan berakhir pada Jumat(13/1/2023).

banner BI FAST

Namun, pada Kamis (12/1/2023), KPU NTT menerima surat dari KPU RI tentang masa verifikasi yang diperpanjang sampai Minggu(15/1/2023). Hasilnya verifikasi yang dijadikan syarat administrasi pun dikeluarkan dan hanya 8 bakal calon yang memenuhi syarat dukungan, yakni 2.000 KTP. Sedangkan ada 10 bakal calon yang tidak atau belum memenuhi syarat dukungan. “Sementara sepuluhnya belum sampai 2.000,” kata Fredrik.

Ia mengatakan, KPU NTT kemudian membuka lagi pengajuan persyaratan administrasi kepada 18 bakal calon yang sudah mendaftar agar bisa menggantikan syarat administrasi yang belum dilengkapi. Batas waktunya hingga 22 Januari 2023.

Dengan dilonggarkannya waktu tersebut, maka 10 bakal calon DPD RI itu bisa berupaya untuk memenuhi syarat minimal dukungan KTP hingga total 2.000 KTP.

“Kami menunggu sampai 22 januari dan kemudian 23 Januari sampai 1 Februari itu waktunya untuk verifikasi perbaikan pertama,” ungkap Fredrik.

Ia juga menjelaskan, setelah proses verifikasi administrasi pertama akan dilanjutkan dengan tahapan verifikasi faktual pada 6 sampai 26 Februari 2023. KPU NTT akan mengirim sampel kepada KPU Kabupaten/Kota beserta PPS guna memastikan apakah benar pendukung tersebut mendukung bakal calon DPD yang melampirkan dukungannya.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Dirayu Banyak Partai, tapi Pilih Masuk Golkar

“Diharapkan setelah tanggal 1 kami menyampaikan hasil rekapitulasi itu dukungannya di atas 2.000,” pungkasnya.

Berikut nama-nama bakal calon anggota DPD RI yang memenuhi syarat 2.000 dukungan KTP:

1. Hilda Riwu Kore Manafe
2. Abraham Liyanto
3. Angelius Wake Kako
4. Christopher Raymond Tannur
5. Julianus Pote Leba
6. Patje Oktavianus Tasuib
7. Siti Saudah H Mustafa
8. Thomas Seran

Nama-nama bakal calon anggota DPD RI yang belum memenuhi syarat dukungan minimal 2.000 KTP:

1. Ivan Raymond Rondo
2. Hironimus Mawo Dopo
3. Lukas Koa
4. Maksimus Ramses Lalangkoe
5. Sarah Leri Mboeik
6. Umbu Wulang Tanaamah Paranggi
7. Maria Caecilia Stevi Harman
8. Ferdinandus Hasiman
9. Elyas Yohanid Asamau
10. Asyera R A Wundalero
(rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *