oleh

Dinkes Rote Ndao Distribusi Vaksin Sinovac untuk 2 Puskesmas di Pantai Baru

Iklan Covid Walikota Kupang

Baa, RNC – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rote Ndao, Jumat (5/2/2021) mendistribusikan 63 vial vaksin Sinovac untuk dua puskesmas di Kecamatan Pantai Baru. Vaksin Sinovac dan logistik covid-19 yang diperuntukan bagi tenaga kesehatan di Puskesmas Korbafo dan Puskesmas Sonimanu tersebut diserahkan langsung oleh staf Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Rote Ndao, Jendri Imanuel Manu.

Kepala UPTD Puskesmas Korbafo, Mat Y. Poy kepada RakyatNTT.com mengaku sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah memperhatikan nakes di puskesmas sebagai garda terdepan dalam penanganan dan pencegahan covid-19. Pihaknya juga berterima kasih kepada lintas sektor di tingkat kecamatan atas dukungan dan kerjasamanya dalam pengawalan, pengamanan dan pengawasan sehingga vaksin telah tiba di Puskesmas Korbafo dan telah disimpan sesuai SOP serta tetap dijaga oleh pihak kepolisian dari Polsek Pantai Baru sampai dengan pelaksanaan vaksinasi bagi nakes.

Iklan Dimonium Air

Terkait pelaksanaan vaksinasi bagi nakes, Mat mengaku masih harus berkoordinasi dengan Dinkes untuk mendapat persetujuan mengenai waktu pelaksanaan vaksinasi. Sesuai informasi, lanjutnya, pencanangan pemberian vaksin bagi nakes baru akan dilaksanakan pada 10 Februari 2021 di Puskesmas Ba’a. “Jadi kami masih koordinasi, apakah Dinkes mengizinkan kami untuk melakukan vaksinasi bagi nakes mendahului jadwal pencanangan, bersamaan atau sesudah pencanangan. Yang pasti seluruh nakes di Puskesmas Korbafo siap untuk divaksinasi sesuai tahapannya,” sebut Mat.

“Bila kami sudah dapat kepastian informasi dari kabupaten, kami akan mengundang lintas sektor di kecamatan untuk menyaksikan vaksinasi bagi nakes di Puskesmas Korbafo,” tambah Mat.

Sementara itu Kepala UPTD Puskesmas Sonimanu, Sarlota Buknoni mengatakan, 28 nakes yang ada di Puskesmas Sonimanu siap divaksin. “Tapi nanti sebelum divaksin, tentu akan diperiksa kesehatan masing-masing nakes. Sedangkan waktu pelaksanaan valsinasi, kami akan berkoordinasi dengan pihak kabupaten,” ujar Sarlota.

Pantauan media ini, distribusi vaksin Sinovac dari gudang farmasi Dinkes Rote Ndao menggunakan mobil box dan mendapat pengawalan ketat dari personil Polres Rote Ndao. Mobil yang membawa vaksin tiba di Puskesmas Korbafo pukul 10.30 Wita. Selain Kapus Korbafo dan para nakes, distribusi vaksin ke Puskesmas Korbafo juga disaksikan Plt. Camat Pantai Baru, Alexander E. Tulle, Kapolsek Pantai Baru, Iptu Cornalius Tuati, Lurah Olafuliha’a, Jekson O. Tulle, personil TNI AD dari Koramil 1627/02 dan anggota polisi Polsek Pantai Baru.

Plt. Camat Pantai Baru dan Kapolsek Baru juga turut mendampingi petugas Dinkes saat mendistribusikan vaksin ke Puskesmas Sonimanu. Di puskesmas ini, kotak penyimpan vaksin tidak disimpan di ruang khusus, namun disimpan di ruang bersalin. Menyikapi hal tersebut, Kapolsek Pantai Baru, Iptu Cornalius Tuati berharap agar akses keluar masuk orang harus sepengetahuan pihak keamanan, sehingga keamanan vaksin sinovac benar-benar terjaga sampai dengan hari pelaksanaan vaksinasi nakes.

“Ini tidak main-main. Karena vaksin disimpan di ruangan terbuka, maka askses orang keluar masuk harus sepengetahuan pihak keamanan. Kita harus jalankan SOP dan mohon kerjasama ibu kapus serta semua pihak agar vaksin ini tetap aman. Anggota kami akan melakukan pengamanan di ruangan ini 24 jam sampai hari pelaksanaan vaksinasi. (rnc12)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed