oleh

BINDA NTT dan Dinkes Nagekeo Door to Door Lakukan Vaksinasi Covid-19

Mbay, RNC – Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Nusa Tenggara Timur (NTT) kembali menggelar vaksinasi COVID-19 bagi warga yang belum mendapatkan pelayanan vaksin.

Sebelumnya pelayanan vaksinasi dilaksanakan di Desa Utetoto l-Nangaroro, kali ini digelar untuk warga Desa Anakoli, Kecamatan Wolowae, Kabupaten Nagekeo. Kegiatan yang berlangsung Selasa(02/08/2022) itu menyasar warga yang belum mendapatkan pelayanan vaksin.

Kegiatan ini dilaksanakan atas kerja sama Binda NTT dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo. Menariknya, kegiatan ini dilaksanakan secara door to door di seluruh wilayah 7 Kecamatan di Kabupaten Nagekeo.

Program vaksinasi tersebut merupakan bagian dari kegiatan Vaksinasi Serentak Covid-19 Indonesia Sehat Indonesia Hebat yang diselenggarakan BIN.

Pantauan RakyatNTT.com, tampak ratusan warga Desa Anakoli langsung berdatangan menuju lokasi pelayanan vaksinasi untuk mendapatkan vaksin. Sebelum melakukan pelayanan vaksin, sejumlah warga diarahkan oleh tim vaksinator untuk mengikuti tahapan vaksinasi dari pendaftaran, pemeriksaan kesehatan hingga penyuntikan vaksin oleh tim vaksinator. Selain lansia, adapun masyarakat umum, para puru tampak tenang saat mendengar arahan dari petugas.

Anastasia, warga Desa Anakoli, usai menerima vaksin mengungkapkan rasa bangganya terhadap kerja Binda NTT dan Tim Vaksinator Dinas Kesehatan Kabupaten Nagekeo yang dengan semangat menyukseskan kegiatan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat.

“Terima kasih banyak buat Binda NTT dan Tim Vaksinator dari Nagekeo yang sudah jauh-jauh datang membantu warga lewat bentuk pelayanan vaksin ini. Kami warga di sini senang, Binda NTT dan Tim Kesehatan setidaknya telah menyelamatkan kami dari virus covid. Dan puji Tuhan pelayanan vaksin bisa sampai ke desa kami,” kata Anastasia.

Ia berharap dengan vaksinasi, dapat memperkuat sistem imun agar terlindung dari virus. “Vaksin sangat penting bagi saya dan keluarga saya agar terhindar dari virus yang berbahaya,” ujarnya.

Kadis Kesehatan Kabupaten Nagekeo, drg. Emirentiana Reni Wahjuningsih menjelaskan pihaknya bekerja sama dengan Binda NTT menyediakan vaksin jenis Sinovac dan Pfizer dan direncanakan akan memberikan pelayanan vaksin secara door to door.

“Kita bekerja sama dengan Binda NTT melayani vaksin mulai dari dosis pertama, kedua dan ketiga atau booster bagi warga yang belum mendapatkan pelayanan vaksin. Dan direncanakan kami bersama Binda NTT akan memberikan pelayanan vaksin secara door to door, terkhusus bagi para lansia dan masyarakat yang berkebutuhan khusus. Target kita itu, tentunya kepada semua warga yang belum mendapatkan pelayanan vaksin,” kata Reni.

Ia menyebutkan, tim vaksinator terdiri dari 20 tenaga kesehatan baik bidan, perawat maupun PKM, menyiapkan sejumlah vial vaksin Sinovac dan Pfizer untuk warga yang belum menerima vaksin.

“Jadi total vaksin untuk Desa Anakoli sendiri Jumat, (29/07) kemarin total sebanyak 131. Untuk kategori masyarakat umum dosis pertama sebanyak 7, kedua 5, dosis ketiga 102. Sedangkan lansia untuk dosis pertama 0, kedua 1, dosis ketiga 14. Sedangkan untuk guru dosis pertama 0, kedua 1, dan ketiga 1,” kata Reni.

Ia bersama Binda NTT terus mengimbau masyarakat agar tak mengabaikan ancaman virus Covid-19 dengan tetap menerapkan gaya hidup sehat dengan menjaga protokol kesehatan dalam beraktivitas dan melengkapi vaksinasi hingga dosis ketiga.

“Tidak lupa pula, kami juga mengimbau masyarakat agar dapat mengakses pelayanan vaksin di lokasi vaksin terdekat baik untuk vaksin dosis pertama, kedua maupun booster. Tetap jaga protokol kesehatan, jaga imun dan pola hidup yang sehat” pungkasnya.

(rnc15)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *