oleh

Gubernur akan Dinobatkan sebagai Putra Sabu Raijua di Festival Kelabba Madja

Menia, RNC – Festival perdana jelajah alam Kelabba Madja di Kabupaten Sabu Raijua akan dihadiri oleh berbagai tokoh nasional dan daerah. Yang dipastikan hadir sejak seremonial pembukaan adalah Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat, Ketua TP PKK Provinsi NTT, Julie Laiskodat, perwakilan Kementerian Desa dan Kementerian Pariwisata.

Informasi tersebut disampaikan Kabag Humas Pemda Sabu Raijua, Mance Nelson, Minggu (8/9/19). Ia mengatakan kegiatan tersebut akan berlangsung tiga hari, yakni 9-12 September 2019. Panitia telah mematangkan persiapan termasuk seremonial pembukaan yang akan berlangsung di Lapangan Napae, Sabu Barat.

Dalam acara seremonial, Gubernur NTT Viktor Laiskodat akan dinobatkan sebagai Mone Hawu Raijua. Sementara Ketua TP PKK Provinsi NTT dinobatkan sebagai Benni Hawu Raijua oleh Mone Ama. Mone Hawu dan Benni Hawu adalah sebutan bagi seorang laki-laki dan perempuan asal Sabu Raijua.

Usai penobatan tersebut, acara akan dilanjutkan dengan ritual adat minum tuak dan makan kacang hijau.
Festival terbesar di Kabupaten Sabu Raijua ini akan dimulai pukul 10.00. Panitia lokal menyiapkan perlengkapan untuk registrasi dan transportasi peserta. Sekitar satu jam di Lapangan Napae, peserta akan mendengarkan arahan dan doa lalu dilanjutkan dengan perjalanan menuju tempat kegiatan di Kampung adat Namata.

Di Kampung adat bercorak megalitik ini, peserta festival akan disambut oleh Camat Sabu Barat dan Kepala Desa setempat. Usai penyambutan akan ada penuturan sejarah oleh Duta Wisata Namata. Selanjutnya peserta secara bergantian diberi kesempatan untuk hunting foto di Kampung Adat Namata. Foto tersebut masuk dalam kategori lomba foto yang akan diposting di media sosial.

Kemudian, peserta disuguhkan makan adat ala orang Sabu. Usai melakukan rangkaian kegiatan di Kampung Adat Namata, peserta festival akan kembali istirahat dan menyiapkan diri mengikuti seremonial pembukaan di Lapngan Napae. Acara tersebut akan dimulai pukul 15.00. Berbagai rangkaian kegiatan akan dilangsungkan dalam acara seremonial termasuk dinobatkannya Gubernur Viktor Laiskodat sebagai Mone Hawu Raijua. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *