oleh

Tutup Porprov 2022, Gubernur NTT: Kampanyekan NTT Tuan Rumah PON Sampai Desa-desa

Kupang, RNC – Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat meminta KONI NTT dan kabupaten/kota, para bupati/wali kota, camat dan kepala desa mengampanyekan NTT tuan rumah PIN XXII tahun 2028 mendatang.

Hal ini disampaikan Gubernur NTT saat menutup Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VIII NTT tahun 2022 di Stadion Oepoi Kupang, Jumat (18/11/2022) malam. Dalam kesempatan itu, ia memberi motivasi kepada para atlet agar terus berlatih untuk meraih prestasi.

banner BI FAST

“Perjuangan untuk mendapatkan prestasi tertinggi bukan karena uang semata-mata. Tapi karena keinginan dan kegigihan dalam perjuangan untuk meraih prestasi itu. Jadi jangan lihat uangnya berapa. Kalau mau jadi orang terbaik, mempersembahkan diri sebagai manusia terbaik, maka latihan terus menerus dilakukan,” kata Viktor.

Ia mencontohkan Afrika Selatan yang sebelumnya tidak mengenak olahraga rugby, namun berjuang untuk menjadi juara dunia rugby tahun 1995. “Mereka juara dunia rugby mengalahkan New Zealand. Tahun 1995, presiden Nelson Mandela membangun semangat rakyatnya dan akhirnya memenangkan pertandingan,” kata Viktor.

Mantan anggota DPR RI ini meminta KONI NTT agar rutin menggelar event olahraga setiap tiga bulan. Hal ini sebagai persiapan menghadapi PON XXII tahun 2028, di mana NTT menjadi tuan rumah. “Ini tidak ada pilihan lain bila kita ingin meraih prestasi pada saat menjadi tuan rumah PON yang mungkin tidak akan terjadi lagi, membutuhkan waktu yang lama,” ujarnya.

Ia meminta para atlet, official dan pelatih terus mempersiapkan diri. Menurutnya, Porprov hanya batu loncatan. Tapi pertandingan sebenarnya adalah saat NTT menjadi tuan rumah tahun 2028. NTT harus menunjukkan kepada seluruh atlet di Indonesia bahwa NTT bisa menyelenggarakan PON dan bisa berprestasi. “PON tahun 2024 kita juga latihan, tapi yang paling penting 2028 harus dipastikan bahwa Nusa Tenggara Timur menyiapkan atletnya secara baik untuk mampu menjadi tuan rumah dan memenangkan kontestasi olahraga itu,” tegas VBL.

Baca Juga:  Bank NTT Tutup Bulan Pertama 2023 dengan Laba Rp40 Miliar

Ia menekankan soal disiplin dalam berlatih. NTT, kata Viktor, punya potensi besar di bidang olahraga. Ini dibuktikan dengan sejumlah atlet NTT yang sudah mengukir prestasi di dunia internasional, seperti kempo, silat, atletik dan tinju. “Karena mereka latihan luar biasa, menderita, bukan latihan asal-asalan. Jadi disiplin sangat penting. Selain disiplin, kecerdasan juga penting. Atlet tidak boleh bodoh. Kalau bodoh kalah terus. Tapi kalau atlet pintar mampu membuat lawan setengah mati,” ujarnya.

Kampanye PON 2028

Gubernur Viktor juga mengajak semua kepala daerah, camat dan para kepala desa untuk mengampanyekan NTT tuan rumah PON XXII tahun 2028 mendatang. Kampanye ini harus dimulai dari sekarang agar masyarakat mengetahui dan bisa mempersiapkan atlet-atlet.

“Tunjukkan kepada atlet-atlet dari mana pun bahwa NTT bisa. Bisa menjadi tuan rumah yang baik dan bisa bertarung dengan baik,” pungkasnya. (rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *