oleh

BPOM: Belum Ada Obat yang Manjur Sembuhkan Covid-19!

Sabun Herbal Cyrus

Jakarta, RNC – Komite Nasional Penilai Obat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), memastikan bahwa sampai saat ini belum ada obat yang manjur dan aman untuk mengobati virus Corona (Covid-19).

Anggota Komite Nasional Penilai Obat Badan Pengawas Obat dan Makanan, Anwar Santoso mengatakan, beberapa uji klinik sedang dilaksanakan dan kemudian sudah dilakukan review oleh Badan POM.

“Dan sampai saat ini, pagi ini memang belum ada yang dikatakan, saya setuju dengan pendapat dari prof Gufron (Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN) bahwa sampai sekarang belum ada satu statement yang menyatakan bahwa ini ada obat yang manjur dan aman untuk Covid-19,” tegas Anwar dalam diskusi bertema Obat dan Terapi Terkini untuk Pasien Covid-19 di Media Center Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Graha BNPB, Jakarta (18/8/2020).

Menurutnya, obat-obat yang akan digunakan dalam penyembuhan pasien Covid-19 juga masih dalam fase uji klinis. “Semuanya dalam masih dalam fase uji klinis,” tegasnya.

BACA JUGA: Sebanyak 79 Kabupaten/Kota Nihil Kasus Aktiv Covid-19, di NTT Ada 12

Oleh karena itu, World Health Organization (WHO) juga belum menyatakan secara resmi ada obat yang direkomendasikan aman untuk pasien Covid-19. “Bahkan WHO sendiri tidak menyatakan satu statement yang resmi ada obat yang direkomendasikan untuk dipakai atau aman, tapi dalam status uji klinis semua,” tandasnya.

Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN, Ali Ghufron Mukti menambahkan, hingga saat ini belum ada satupun obat spesifik khusus untuk mengobati pasien Covid-19.

“Jadi sampai sekarang belum ada satupun yang kita bisa klaim sebetulnya merupakan satu obat. Meskipun banyak klaim-klaim dari beberapa entah mengatakan penelitian atau tidak,” ujarnya.

“Tapi yang termasuk di dalam konsorsium itu belum satupun yang bisa dikatakan inilah obat spesifik, spesifik ya yang khusus untuk Covid-19,” sambung Ali dalam kesempatan yang sama.

Sebelumnya, Unair mengklaim telah menemukan obat untuk penyakit virus corona (Covid-19). Obat baru itu merupakan hasil kombinasi dari tiga jenis obat. Dimana, di luar negeri ada tiga obat yang ampuh dan mujarab untuk diberikan kepada pasien Covid-19. Lalu, tiga jenis obat tersebut digabung atau dijadikan menjadi satu obat oleh Unair.

Efektifitas obat yang ditemukan Unair diklaim lebih dari 90 persen. Selain itu, dosis yang dihasilkan juga diklaim lebih rendah dibanding apabila obat diberikan secara tunggal.

Pembuatan obat Covid-19 ini sudah dilakukan sejak Maret 2020. Seluruh prosedur yang dipakai telah mengikuti yang disyaratkan BPOM. Saat ini, obat tersebut hanya tinggal menunggu izin edar dari BPOM sebelum diproduksi massal.

(fmi/okezone/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed