oleh

HPI : Wae Rebo Juara, Gelombang Wisatawan Muncul

 

Manggarai, RNC- Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Cabang Manggarai melalui Ketua HPI Manggarai, Yovie Jehabut, mengapresiasi dan memberikan ucapan selamat kepada masyarakat Wae Rebo.

Prestasi yang diraih tersebut, diharapkan menjadi pelecut semangat masyarakat, untuk bahu – membahu dan bertanggung jawab menjaga kelestarian alam serta budaya Desa Adat Wae Rebo

“HPI Manggarai mengucapkan selamat kepada masyarakat Wae Rebo, atas anugerah yang diterima sebagai Desa Wisata Terbaik untuk kategori Daya Tarik Wisata, ADWI 2021,” kata Yovie di Ruteng, Rabu (8/12/2021).

Yovie mengatakan, sebagai masyarakat Manggarai sekaligus pelaku pariwisata lokal, HPI Manggarai sangat bangga dengan anugerah ini. “Ini adalah bentuk pengakuan pemerintah dan masyarakat Indonesia, atas keindahan dan keunikan kampung Wae Rebo,” kata Yovie.

Pegiat wisata yang fokus di bidang pengamatan dan konservasi burung ini menjelaskan, anugerah ini datang bersamaan dengan tanggung jawab yang besar dalam menjaga eksistensi keindahan dan keunikan yang ada.

Masyarakat Wae Rebo dan pemerintah harus konsisten menjaga apa yang ada saat ini. Anugerah yang diterima ini, adalah hasil penilaian dari perpaduan alam, warisan budaya, dan kehidupan masyarakat Waerebo. “Jika salah satunya rusak, maka eksistensi keindahan dan keunikan itu, menjadi timpang,” sambungnya.

Ia menambahkan, tantangan lain adalah kesiapan masyarakat, pemerintah, dan pelaku usaha wisata, dalam menghadapi gelombang wisatawan yang datang, pasca penganugerahan pengharagaan ini. Pemerintah dan masyarakat adat harus segera menemukan pola yang tepat, agar peningkatan kunjungan wisata ke Wae Rebo, harus tetap berkontribusi positif pada perlindungan warisan budaya, dan alam yang ada.

“Kita berharap, anugerah ini nantinya berdampak paling besar bagi kesejahteraan masyarakat Wae Rebo secara keseluruhan, serta membantu mereka untuk tetap teguh menjaga warisan yang menakjubkan ini,” imbuh Yovie.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kampung Adat Wae Rebo, Desa Satar Lenda, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai – NTT, meraih peringkat pertama kategori “Daya Tarik Wisata Alam, Budaya, dan Buatan” dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021, yang diselenggarakan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Selasa malam (7/12/2021). Wae Rebo berhasil menyisihkan 50 nominasi desa wisata yang terpilih dari 1.831 peserta, sejak pertengahan 2021. (rnc23)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *