oleh

Kapal Wisata Rusak saat Kembali ke Labuan Bajo, 19 Orang Berhasil Diselamatkan

Labuan Bajo, RNC – Kapal Motor (KM) Noah mengalami trouble engine (kerusakan mesin, Red) di sekitar perairan Pulau Sebayur Kecil, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Rabu (2/3/2022) sekitar pukul 11.30 Wita. Perkiraan lokasi kejadian di posisi 08°30’18.06″ S-119°41’39.21″ E, dengan jarak 11.6 NM dan radial 265.92° dari Pelabuhan ASDP Labuan Bajo.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Maumere, I Putu Sudayana, S.E.M.AP., melalui rilis resminya yang diterima RakyatNTT.com menuturkan KM Noah yang membawa 10 orang penumpang dan 9 kru kapal tersebut, berangkat dari Pulau Padar menuju Pulau Komodo, pukul 07.00 Wita. Namun saat hendak kembali ke Labuan Bajo, kapal mengalami trouble engine di belakang Pulau Sebayur Kecil sekitar pukul 11.30 Wita.

Mendapat informasi akan adanya kecelakaan kapal itu, pihaknya langsung berkoordinasi dengan instansi Potensi SAR di wilayah kerja Kansar Maumere, seperti Dit Pol Air Polda NTT, Polair Labuan Bajo dan juga Syahbandar Labuan Bajo. Sehingga pada pukul 12.30 Wita, diberangkatkan Tim SAR Gabungan menuju LKK dengan menggunakan satu unit RIB 500 PK Pos SAR Mabar, satu unit Speed Boat Owner dan dilengkapi juga dengan Pal SAR Air lainnya, guna melaksanakan Operasi SAR

KM Noah yang merupakan kapal wisata ini akhirnya berhasil ditemukan pada koordinat 08°28’37.128″ S-122°40’32.79″, dengan jarak 2.04 NM dan radial 149° dari Pelabuhan ASDP Labuan Bajo sekitar pukul 13.19 Wita. Sebanyak 10 orang penumpang KM. Noah kemudian dipindahkan ke RIB 500 PK Pos SAR Mabar dan Speed Boat owner dan langsung dievakuasi menuju ke Pelabuhan ASDP Labuan Bajo dan tiba dengan selamat. Selanjutnya, seluruh korban dibawa ke Hotel Lokal Collection, Labuan Bajo.

Baca Juga:  Pembukaan Jalan Tani Diprotes Warga, Ini Penjelasan Kades Gololanak

Sementara, lanjut I Putu, KM. Krisna yang merupakan kapal milik Polair Labuan Bajo, berangkat menuju ke lokasi kejadian untuk melakukan penarikan terhadap KM. Noah. Sehingga, sekitar pukul 18.20 Wita, KM. Krisna bersama KM. Noah kemudian tiba di Pelabuhan ASDP Labuan Bajo, dengan membawa 9 kru KM. Noah yang juga dalam keadaan selamat.

Dengan telah dievakuasinya seluruh penumpang kapal KM. Noah oleh Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Pos SAR Manggarai Barat sebanyak empat orang, Polair Mabes Polri 28 orang, KSOP Manggarai Barat dua orang dan KP3 Laut Labuan Bajo sebanyak tiga orang, maka Operasi SAR Gabungan diusulkan untuk ditutup dan semua Potensi SAR yang terlibat, dikembalikan ke kesatuannya masing-masing disertai ucapan terima kasih. (rnc24)

 

Download Apps RakyatNTT.com sekarang di https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *