oleh

Tenggelam saat Melaut di Rote, Warga Asal Alor Ditemukan Tewas

Ba’a, RNC – Kasim (39), warga Desa Ternate Umapura, Kecamatan Alor Barat Laut, Kabupaten Alor ditemukan tewas, Sabtu (18/3/2023) siang di Perairan Tongga, Desa Mbueian, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao.

Kasim tenggelam saat memanah ikan bersama beberapa rekannya. Ia ditemukan sekitar pukul 12.00 Wita oleh tiga orang nelayan dari Desa Nuse, Kecamatan Ndao Nuse, Kabupaten Rote Ndao masing-masing Efer Lodo, Edu Rondo dan Adi Pasole.

“Tiga orang nelayan berhasil menemukan korban kecelakaan laut di perairan Tongga, Desa Mbueian, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao,” ujar Kapolres Rote Ndao, AKBP I Nyoman Putra Sandita, SIK saat dikonfirmasi Sabtu (18/3/2023) seperti dilansir digtara.com.

Korban ditemukan sudah meninggal dunia. Saat itu ia mengenakan celana pendek warna merah tanpa baju dan memakai kacamata selam tradisional. “Kondisi tubuh terdapat luka lubang pada bagian pelipis kanan, luka lecet pada pinggang kanan dan terdapat ikan sejumlah 8 ekor yang terikat pada pinggang korban,” ujarnya.

Sementara alat panah korban berjarak sekira 30 meter dari posisi korban ditemukan. Sejak Kamis (16/3/2023), korban bersama 8 orang temannya berangkat dari pelabuhan rakyat (Pelra) Kupang menuju Pulau Nuse, Kabupaten Rote Ndao.

“Korban dan rekan-rekannya hendak memanah ikan,” tandas Kapolres.

Pada Jumat (17/3/2023) malam, sekira pukul 21.00 Wita, korban dan beberapa temannya turun ke air untuk memanah Ikan. Namun hingga pukul 21.30 Wita, korban tidak naik ke permukaan air.

Teman-teman korban pun berusaha mencari namun belum ditemukan sehingga meminta bantuan tim SAR.

Pada Sabtu (18/3/2023) pagi, teman-teman korban meminta bantuan kepada warga Desa Nuse dan warga pesisir pantai Tongga, Kabupaten Rote Ndao untuk membantu mencari korban. Warga kemudian bersama-sama melakukan upaya pencarian di perairan Nuse dan Tongga.

Sabtu siang, sekira pukul 12.00 Wita, tiga orang nelayan dari Desa Nuse, Kecamatan Ndao Nuse yakni Efer Lodo, Edu Rondo dan Adi Pasole berhasil menemukan korban di perairan Tongga, Desa Mbueian, Kecamatan Rote Barat, Kabupaten Rote Ndao.

Korban ditemukan dengan kondisi sudah meninggal dunia. Korban kemudian dievakuasi ke atas kapal milik rekan korban dan langsung dibawa ke Kabupaten Alor. “Penyebab kematian korban besar kemungkinan akibat tenggelam saat memanah ikan/spearfishing di perairan laut Nuse dan sekitarnya,” tandas Kapolres Rote Ndao.

Polisi meminta keterangan dari sejumlah saksi dan rekan korban. (*/dig/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *