oleh

Virus B117 Lebih Cepat Menular, Kemenkes Imbau Masyarakat Tak Panik

VIRUS corona adalah tipe virus yang gampang bermutasi. Terbukti, ada beberapa mutasi virus corona yang sudah terjadi di luar negeri. Di Indonesia sendiri, strain asal Inggris atau virus corona B117 pun tercatat sudah masuk.

Virus Covid-19 baru tersebut, dideteksi pada dua orang TKI yang baru saja pulang ke Indonesia. Tapi hingga saat ini, Kemenkes sendiri belum dapat bukti ilmiah yang bisa menunjukkan jika virus B117 ini punya tingkat keganasan yang lebih parah dibandingkan jenis virus Sars-CoV-2 penyebab Covid-19.

Iklan Dimonium Air

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes RI, dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, mengatakan dua kasus ini merupakan hasil temuan dari 462 sampel yang diperiksa. Mutasi virus corona B117 sebelumnya pertama kali diumumkan di Inggris pada Desember 2020.

“Virus corona adalah tipe virus RNA (ribonucleic acid) yang secara alami mudah mengalami mutasi dan mutasi memang merupakan kemampuan virus untuk bertahan hidup,” kata dr. Nadia, dikutip dari laman resmi Kemenkes, Sabtu (6/3/2021) dilansir dari Okezone.com.

“Namun, dari beberapa penelitian di negara lain menunjukkan varian virus baru ini lebih cepat menular,” tambah dia.

BACA JUGA: Menkes Umumkan Rapid Antigen Sudah Masuk Laporan Harian Covid-19

Meski demikian, dia meminta masyarakat jangan langsung panik terlebih dahulu. Ia menegaskan, vaksin Covid-19 yang dipakai pemerintah saat ini masih bisa melawan mutasi virus tersebut.

Para peneliti yang mendalami virus Corona B117 mengonfirmasi bahwa efektivitas inokulasi terhadap virus masih ada di level yang bisa diterima sehingga sejauh ini belum mengganggu kinerja vaksin.

“Vaksin yang sekarang digunakan pemerintah masih efektif untuk mencegah penularan mutasi virus sehingga tidak akan mempengaruhi kekebalan kelompok,” katanya.

Meski level keganasan mutasi virus belum diketahui, dr. Nadia memperingatkan seluruh masyarakat harus tetap waspada. Mengingat varian baru virus ini lebih mudah menular.

Baca Juga:  Hati-hati! Omicron di RI Melonjak hingga 572 Kasus, Ketahui 3 Gejala Ini

“Kami imbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak perlu resah, namun harus tetap waspada. Meskipun tingkat keganasan varian baru virus Covid-19 ini belum diketahui, namun dengan kemampuan penularan yang lebih tinggi,” katanya.

“Kami mengimbau masyarakat harus lebih waspada dan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang harus lebih diperketat, serta menyukseskan program vaksinasi Covid-19,” pungkas dr. Nadia.

Sekadar informasi, ada dua warga Karawang yang menjadi TKI dari Arab Saudi pulang ke Indonesia dengan membawa varian baru virus corona Inggris atau dikenal dengan B117.

Inisial mereka adalah M dan A, berjenis kelamin perempuan. M merupakan warga Kecamatan Lemah Abang dan A asal Kecamatan Pedes. Plt. Kepala Dinas Kesehatan Karawang dr. Nanik Djojana mengatakan dari dua orang itu, ternyata hanya satu yang masih berada di Karawang. (*/okz/rnc)

  • 178
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed