oleh

Bupati Jhon Dade Lantik 15 Kades Pilihan Warga

Waikabubak, RNC – Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH, melantik 15 kepala desa (kades) terpilih, hasil pemilihan serentak tahun 2021. Pelantikan 15 kades itu, berlangsung di aula Kantor Bupati Sumba Barat, Kamis (30/12/21).

Pelantikan ke 15 kades tersebut, dihadiri Forkopimda Sumba Barat, wakil bupati, pejabat sekda, asisten dan staf ahli bupati, para kadis, serta camat. Tidak ketinggalan keluarga dan pendukung para kades terpilih dari lima kecamatan.

Iklan Dimonium Air

Kepada para kades yang dilantik, Bupati Yohanis Dade menyampaikan, pilkades serentak tahun 2021 di Kabupaten Sumba Barat, sudah selesai. Sehingga, kades terpilih yang telah dilantik, agar mempersatukan kembali warganya.

Menurut Bupati Jhon Dade, tugas pertama kades terpilih, yaitu menyatukan dan membahagiakan warganya.
“Pilkades sudah selesai, tugas saudara merapatkan yang renggang, rangkul dan dekatkan yang jauh. Kumpulkan yang terserak, bahagiakan warga desa tanpa ada perbedaan,” ujar Jhon Dade.

Ia meminta, agar kades menerima amanah dengan bahagia, dan tidak menjadikannya sebagai beban. “Karena kalian lahir dari proses demokrasi, maka kalian adalah garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Terima amanah ini dengan baik,” imbuhnya.

Bupati Jhon Dade juga meminta, agar para kades banyak belajar dan berkoordinasi dengan camat, pemerintah daerah dan forkopimda, serta belajar dari desa tetangga, yaitu Desa Tebara, dalam mengembangkan potensi yang ada di masing-masing desa.

“Gunakan dana desa dengan tetap mengacu pada regulasi yang ada. Jika ada yang kurang jelas, tanyakan kepada camat, ke PMD, ke bupati dan wakil bupati, serta dinas terkait. Jalin sinergi dan kolaborasi. Semua mata tertuju kepada kepala desa, jadi kepala harus mampu mengelola dana desa, maupun dana – dana lain yang bertujuan untuk membangun desa” kata John Dade mengingatkan.

Baca Juga:  Terpilih Kedua Kali, Kades Wetana : Lupakan Perbedaan

Kades juga diminta jeli melihat informasi, menjaga kondusifitas wilayah. “Jangan biarkan masyarakat terpecah, diperdaya oleh informasi – informasi yang tidak jelas atau hoax. Terbukalah memberi informasi kepada masyarakat,” tandasnya.

Bupati menegaskan, tidak ada pergantian aparat desa, kecuali ada aparat yang tidak memenuhi syarat dalam hal tidak memiliki ijazah SMA atau sederajat, baru melakukan penyegaran. “Saya tegaskan kepada para kepala desa yang dilantik hari ini, jangan coba – coba melakukan perombakan atau melakukan pergantian aparat desa. Perangkat yang sudah ada, harus ditata dan dituntun, kecuali ada aparat yang tidak punya ijazah SMA atau sederajat, baru kepala desa berkoordinasi dengan dinas terkait untuk melakukan penyegaran,” tegas Jhon Dade.

Kelima belas kades yang dilantik tersebar dilima kecamatan, yakni :
A. Kecamatan Loli : Tiga Desa
1. YOSEF LEDE, A.Md ( Kepala Desa Dokakaka)
2. BEYAMIN BILI RAINGU (Kepala Desa Tana Rara)
3. YOHANIS NGAILU BEKO (Kepala Desa Baliledo)

B. Kecamatan Tana Righu : Enam Desa
1. YUSUP NONO UMBU LELE (Kepala Desa Lokory)
2. FERDIUS UMBU KENDA (Kepala Desa Lingu Lango)
3. DANIAL BULU UMBU SOGARA (Kepala Desa Kareka Nduku)
4. EDUARDUS DAMA BULU (Kepala Desa Wanokaza)
5. BERTOLOMEUS BILI DELO (Kepala Desa Wee Patola)
6. DOMINGGUS TALU (Kepala Desa Lolo Wano)

C. Kecamatan Wanukaka : Satu Desa
HABEL HAGA ANAKAKA (Kepala Desa Hupu Mada)

D. Kecamatan Lamboya : Tiga Desa
1. LUTHER LAKU NIJA (Kepala Desa Patiala Bawa)
2. PAULUS LEKO BAGA (Kepala Desa Rajaka)
3. LOWA BOLE (Kepala Desa Welibo)

E. Kecamatan Laboya Barat : Dua Desa
1. FELIX HAINGU NGARA, S.Pd (Kepala Desa Gaura)
2. PETRUS RAGA UMA (Kepala Desa Wetana). (rnc25)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed