oleh

Buka O2SN SMP Tingkat Kabupaten, Bupati Nagekeo Contohkan Lionel Messi

Mbay, RNC – Bupati Nagekeo membuka secara resmi Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP Tingkat Kabupaten Nagekeo di Lapangan Robokowe -Jawakisa Kecamatan Aesesa Selatan pada Selasa, 13 Juni 2023. Acara pembukaan di mulai Pukul 10.00 WITA.

Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP tahun ini mengusung tema ” Generasi Sehat, Talenta Hebat; Merdeka Berpartisipasi, Talenta Olahraga Menginspirasi”.

Turut hadir, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Nagekeo Yosefus Dhenga, A. Md, Kadis P&K Venantius Minggu, S.Pd, Kadis Pariwisata Silvester Teda Sada, S.Fil, Kasat PolPP Muhayan Amir, Camat Aesesa Selatan Isak K.Tibo Bebi serta para undangan lainnya. Kedatangan Bupati Don dan rombongan diterima dengan sapaan adat ” bhea sa” dan tarian selanjutnya berjalan menuju tempat upacara.

Dalam seremonial pembukaan dilakukan parade kontingen dari 7 kecamatan memasuki tempat upacara diiringi atraksi drum band oleh siswa-siswi SMPN 1 Aesesa Selatan kemudian dilanjutkan dengan apel pembukaan. Upacara pembukaan kegiatan ini ditandai dengan penyalaan obor O2SN oleh Bupati Nagekeo.

Bupati Don Bosco dalam sambutannya mengatakan Kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP yang dilaksanakan selama beberapa hari ke depan merupakan ekspresi dari semua kecerdasan mulai dari kecerdasan hati atau Qalbu, kecerdasan seni, kecerdasan pikiran dan kecerdasan raga. “Semua ini kombinasi yang kita gunakan dalam setiap cabang olahraga” ungkap Bupati.

Bupati Don memberikan contoh pada olahraga Sepak Bola dengan pemain populer Leonel Messi. Menurutnya Messi adalah sosok pemain sepak bola yang mempunyai empat kecerdasan, hampir sempurna. Bagaimana Messi menggunakan keempat kecerdasan dengan sangat baik sehingga bisa bermain dengan teknik yang tinggi dan juga enak dipandang.

Selanjutnya bagaimana memutuskan tindakan dalam sepersekian detik apakah menembak, mengoper ke temannya di kiri atau kanan atau kembali ke belakang itu sebuah keputusan yang membutuhkan gagasan, pikiran yang cerdas.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Celana Training Pria yang Awet dan Nyaman, Dapatkan di Blibli!

“Kita menyaksikan yang bisa kita nikmati melalui mata dan telinga yang disajikan dalam perlombaan satu dua hari ke depan ini adalah akumulasi dari empat kecerdasan ini” ungkap Bupati.

Kepada para pendamping diharapkan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sebagaimana yang telah diucapkan dalam sumpah janji wasit dan atlit.

“Yang menang atau yang mendapat predikat terbaik adalah mereka yang punya kombinasi paling bagus dari empat kecerdasan tadi,” harapnya.

Di tempat yang sama, Kabid SMP pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Nagakeo Drs. Amandus Embo dalam laporan panitia mengatakan tujuan diselenggarakannya kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMP adalah mengembangkan talenta peserta didik dalam bidang olahraga sekaligus membina dan mempersiapkan olahragawan berprestasi pada tingkat nasional maupun internasional sejak usia sekolah.

Kegiatan ini dapat mengembangkan jiwa sportivitas, kompetitif, rasa percaya diri dan tanggung jawab serta mengembangkan budaya hidup sehat dan gemar olahraga. Melalui kegiatan O2SN diharapkan terjalinnya persatuan dan kesatuan antara peserta didik.

” Hasil yang diharapkan terpilihnya siswa terbaik dalam bidang olahraga sebagai bibit unggul atlet di Kabupaten Nagekeo.

Kegiatan O2SN SMP diselenggarakan sejak hari ini 13 Juni sampai dengan 17 Juni 2023 bertempat di Kecamatan Aesesa Selatan yang diikuti 291 orang atlet hasil seleksi dari 7 Kecamatan.

Adapun Olahraga yang diperlombakan dan dipertandingkan selama kegiatan O2SN adalah, atletik putra/putri, pencak silat putra/putri, bulutangkis putra/putri, karate putra/putri, bola voli putra/putri dan sepak bola putra.

Usai upacara pembukaan disuguhkan atraksi karate dari para karateka Nagekeo asuhan Sensei Safrudin, dimana cabang olahraga Karate Nagekeo akan mengharumkan nama Nagekeo di Tingkat Nasional mewakili NTT pada Event Pra PON Tahun 2023 di Kalimantan Selatan.

Baca Juga:  8 Rekomendasi Celana Training Pria yang Awet dan Nyaman, Dapatkan di Blibli!

Seluruh rangkaian Acara Pembukaan O2SN diakhiri dengan tendangan perdana oleh Bupati Nagekeo pada Pertandingan Sepak Bola antara kesebelasan Aesesa Selatan vs kesebelasan Mauponggo. (*/pkp/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *