oleh

Golkar Resmi Tunjuk Lodewijk jadi Wakil Ketua DPR, Besok Rapat Paripurna

Iklan Demokrat

Jakarta, RNC – Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus dipilih Partai Golkar untuk menggantikan Azis Syamsuddin sebagai Wakil Ketua DPR RI. Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut DPR akan menggelar rapat paripurna pergantian Azis Syamsuddin besok.

Surat Azis Syamsuddin itu diserahkan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto kepada Puan dan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (29/9/2021).

Iklan Dimonium Air

“Kami pimpinan DPR RI, saya bersama dengan Pak Dasco, menerima surat langsung dari Ketua Umum Golkar Pak Airlangga kehadiran beliau pada kesempatan ini sebagai Ketum Golkar didampingi ketua dan sekretaris fraksi dari Fraksi Golkar terkait perihal pengunduran diri dari Bapak Azis Syamsuddin sebagai pimpinan DPR RI periode 2019-2024. Kami sudah menerima langsung surat dari Ketua Umum Golkar yang mengusulkan nama pimpinan DPR RI yang akan menggantikan Bapak Azis Syamsuddin,” kata Puan dilansir dari detikcom.

Puan mengatakan, berdasarkan Pasal 47 Peraturan DPR Nomor 1 Tahun 2020 tentang Peraturan Tata Tertib DPR, pihaknya akan memproses surat tersebut. Dia menyatakan proses penggantian Azis Syamsuddin oleh Lodewijk akan dilaksanakan dalam rapat paripurna Kamis (30/9/2021) besok.

“Kemarin kami Pimpinan DPR sudah melakukan mekanisme melalui Bamus atau rapat konsultasi pengganti Bamus, jika dalam waktu dekat, karena kemarin saya belum bertemu dengan Pak Airlangga, karena itu jika pada waktu yang dekat dalam Minggu ini menjelang paripurna terdekat, Partai Golkar mengirimkan surat terkait proses pergantian Wakil Ketua atau Pimpinan DPR RI dari Partai Golkar. Kami kemudian sesuai dengan mekanisme akan kemudian menjalankan mekanisme atau proses pergantian antarwaktu itu,” jelasnya.

“Ini pergantian pimpinan DPR dari Partai Golkar, untuk segera diteruskan pada Paripurna yang insyaallah besok akan dilaksanakan pada Paripurna per tanggal 30 September,” lanjutnya.

Baca Juga:  BREAKING NEWS: Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Ditetapkan Tersangka

Airlangga berharap proses pergantian Azis Syamsuddin bisa segera dilaksanakan. Dengan demikian, Lodewijk bisa segera mengisi kursi Wakil Ketua DPR RI sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Tentu kami berharap proses pengajuan calon wakil ketua DPR dari Pak Lodewijk bisa diselesaikan di rapat paripurna dan bisa berproses sesuai dengan mekanisme yang ada di DPR RI dan saya terima kasih kepada ibu Ketua DPR yang telah menyediakan waktu, yang telah menerima kami dari Partai Golkar,” tuturnya.

Untuk diketahui, Azis Syamsuddin sendiri telah ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap terhadap AKP Stepanus Robin Pattuju. Azis diduga memberi suap Rp 3,1 miliar ke Robin.

Duit suap diduga diberikan saat Robin masih menjadi penyidik KPK. Azis diduga memberi suap agar Robin membantu ‘mengurus’ penyelidikan kasus dugaan korupsi di Lampung Tengah yang diduga melibatkan dia dan Aliza Gunado.

Setelah ditahan KPK, Azis mengundurkan diri dari jabatan Wakil Ketua DPR. Pengunduran diri diajukan Azis ke Golkar. (*/dtc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed