oleh

Kabar Baik, Hari Ini Lion Air Mulai Terbang Lagi

Sabun Herbal Cyrus

Jakarta, RNC – Tiga maskapai Lion Air Group, Lion Air, Wings Air, dan Batik Air, start operasional penerbangan lagi mulai hari ini, 10 Juni 2020. Penerbangan dibatasi untuk rute domestik.

Terbang d masa pandemi virus Corona membutuhkan sejumlah dokumen tambahan merujuk pada Surat Edaran Nomor 7 Tahun 2020 tentang Kriteria Persyaratan Perjalanan Orang Dalam Masa Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Masyarakat Produktif dan Aman Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

BACA JUGA: Lion Air Group Terbang Lagi 10 Juni, Ini Aturan Ketat buat Calon Penumpang

Dilansir dari detikcom, calon penumpang membutuhkan bukti tes kesehatan seperti PCR (polymerase chain reaction) adalah pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetik dari sel, bakteri, atau virus, atau Rapid Test dan atau surat keterangan kesehatan.

Karena syarat terbang tambahan untuk penumpang itulah yang membuat Lion Air on-off untuk terbang saat wabah virus Corona. Tak sedikit penumpang yang belum memahaminya.

Dalam prosesnya, Lion Air Group memutuskan untuk terbang mulai Rabu (10/6/2020). Lion Air menilai pemahaman calon penumpang pesawat yang sudah semakin sip sehingga memenuhi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan dengan pesawat yang ditetapkan selama masa waspada pandemi COVID-19.

Penerbangan Lion Air Group domestik tetap di Terminal 2E dan internasional di Terminal 3 Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang. Untuk bandar udara lainnya yang beroperasi tetap di terminal yang sama.

Selain syarat hasil tes PCR dan rapid test, penumpang juga harus tiba lebih awal di terminal keberangkatan, yakni empat jam sebelum keberangkatan, menunjukkan kartu identitas diri yang sah (KTP atau tanda pengenal lainnya),

Penumpang juga harus mengenakan masker wajah sebelum penerbangan, saat di dalam pesawat, hingga mendarat dan saat kedatangan serta keluar dari bandar udara, mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan pembunuh kuman (hand sanitizer).

BACA JUGA: Kabar Baik, Penumpang Pesawat Permudah saat New Normal

Kemudian, penumpang wajib mengikuti aturan jarak aman (physical distancing) selama di terminal bandar udara, menjaga kebersihan selama berada di dalam pesawat, dan mengikuti petunjuk awak pesawat.

Lion Air Group juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaan penerbangan domestik ini mereka akan menjalankan protokol kesehatan, keselamatan, dan keamanan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

(fem/ran/dtc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed