oleh

Suksesi Rektor, Sudah Saatnya Undana Butuh Penyegaran

Iklan Covid Walikota Kupang

Kupang, RNC – Persaingan Perguruan Tinggi dalam era globalisasi yang tercermin dalam pemeringkatan perguruan tinggi, baik secara Nasional maupun Internasional menjadi salah satu fenomena yang tidak dapat dihindari.

Munculnya berbagai lembaga yang melakukan pemeringkatan dengan berbagai sistem pemeringkatan semakin menjamur dan mempengaruhi persepsi masyarakat akan mutu pendidikan dari suatu perguruan tinggi.

Iklan Dimonium Air

Hal ini juga sangat mempengaruhi minat masuk para calon mahasiswa maupun daya tawar pasar kerja bagi para alumni. “Jadi ketercapaian posisi ranking suatu perguruan tinggi tidak lepas dari kemampuan pimpinan universitas dalam mengkondisikan semua sivitas perguruan tinggi dan berbagai sumber daya pendukung untuk secara optimal bekerja dan menghasilkan berbagai output yang terukur secara global,” ungkap Guru Besar Fakultas Pertanian (Faperta) Undana, Prof. Ir. Herianus Justhinus D. Lalel, M.Si.,Ph.D, di Kupang, Sabtu (8/5/2021).

Menurutnya, kenyataan ini telah mendorong para pemilik suara untuk memilih pimpinan perguruan tinggi dengan kemampuan akademik dan manajerial yang mumpuni. Tak tanggung-tanggung hampir semua Perguruan Tinggi Negeri tetangga terdekat meminta para guru besar untuk duduk dalam posisi Kepemimpinan Perguruan Tinggi, seperti: di Universitas Mataram dipimpin oleh Rektor, Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum. Universitas Udayana dengan Prof. Dr. dr. A. A. Raka Sudewi SpS (K) sebagai Rektor. Universitas Hasanuddin, dengan Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. SebagaiRektor. Universitas Pattimura Ambon dengan Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum sebagai Rektor. Universitas Airlangga dengan Prof. Dr. Mohammad Nasih, SE., MT., Ak sebagai Rektor. Universitas Brawijaya, dengan Prof. Dr. Ir. NuhfilHanani AR sebagai Rektor.

Menurutnya, Universitas Nusa Cendana (Undana) dalam sejarahnya telah melakukan hal yang sama dalam beberapa periode kepemimpinan, yaitu Prof. Mr. Soetan M. Sjah Rektor Undana (Periode 1968-1977), Prof. Frans Likadja, SH (Periode 1978-1987 ), Prof. Dr. Mosez R. Toelihere, M.Sc (Periode 1987-1996), Prof. Dr. Agustinus Benu, MS (Periode 1996-2005), Prof. Ir. Frans Umbu Datta,M.App.Sc.,Ph.D (Periode 2005-2013), dan Prof. Ir. Fredrik L. Benu, M.Si.,Ph.D (Periode 2013-2021). “Tiga Professor terakhir ini sebelumnya merupakan pemimpin institusi penelitian (bukanDekan),” kata guru besar Postharvest Technology itu.

Menurutnya, di bawah pimpinan para guru besar ini telah sempat membawa Undana menembus posisi ranking yang sangat kompetitif dan menjadi salah satu Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia Timur yang patut diperhitungkan, walaupun saat ini agak tertinggal.

Jika diumpamakan Undana seperti mesin mobil(walaupun memiliki sopir yang handal), maka sangat mungkin ada bagian-bagian yang mulai aus, kondisi pelumas yang perlu diganti atau bahkan bahan bakarnya yang hampir habis yang perlu diisi. Jika diterjemahkan lurus maka mungkin ada hubungannya dengan manajemen SDM dan sumber daya lainnya yang perlu disegarkan.

Profesor Heri Lalel yang saat ini menjabat sebagai Kepala UPT Laboratorium Riset Terpadu Undana selanjutnya mengatakan, jika ditinjau dari berbagai potensi yang dimiliki Undana, apalagi dalam status BLU sebenarnya Undana merupakan raksasa. Sangat mungkin raksasa ini masih belum siuman sepenuhnya sehingga hanya beberapa organ tubuhnya yang benar-benar aktif. Raksasa Undana perlu dibangunkan agar semua organ tubuhnya dapat berfungsi normal. Kiranya sosok raksasa Undana dapat berdiri dan tampil kembali dalam periode kepemimpinan berikutnya.

(*/rnc)

 

  • 314
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 komentar

  1. Dibutuhkan Pemimpin kharismatik, yang mampu menggerakkan sendi sendi dan organisasi….
    Pemimpin kharismatik lebih banyak melakukan perubahan yang sangat signifikan mengikuti perubahan zaman.
    Radja Daud, presiden RI sekarang Pak Jokowi,
    Masih banyak pemimpin karismatik lainnya yang hebat dan luar biasa kepimpinannya.

    Pemimpin akademik yah….
    Terserah pada kuasa pemilihnya.

    …..

News Feed