oleh

Lima Atlet BAPOMI NTT Sumbang Tujuh Medali pada POMNas XVII Padang

Kupang, RNC – Sebanyak 30 atlet diikutsertakan oleh Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) XVII di Universitas Negeri Padang (UNP), Provinsi Sumatera Barat, 19-26 November 2022.

Ketua BAPOMI NTT, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc menjelaskan sebanyak 30 atlet tersebut berasal dari beberapa perguruan tinggi di NTT di antaranya Universitas Nusa Cendana (Undana) 19 atlet, Universitas Timor (Unimor) 4 atlet, Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) 1 atlet dan Politeknik Negeri Pertanian (PNK) Kupang 6 atlet.

banner BI FAST

“Enam cabor tersebut adalah atletik, pencak silat, taekwondo, karate, renang dan futsal,” ujar Ketua BAPOMI NTT di Kupang, Sabtu (25/11/2022).

Dari 30 atlet tersebut, jelas Dr. Sipri, sebanyak 19 mahasiswa asal Undana, 4 mahasiswa Unimor, 6 mahasiswa PNK dan 1 mahasiswa UNWIRA, yang tersebar dalam 6 cabor tersebut. Sejak hari pertama hingga hari terakhir perhelatan POMNas, 5 atlet berhasil menyumbangkan 7 medali dari cabor masing-masing yang didaftarkan pada POMNas XVII Padang.

Kelima atlet tersebut, yakni Devita Lodia Bakun, mahasiswi Semester IX Prodi PJKR, FKIP Undana meraih 2 emas pada cabor atletik untuk nomor lari 10.000 meter putri dan 5.000 meter putri.

Selanjutnya, Muhammad Zaki Z. Prasong, mahasiswa Semester VII Prodi PJKR FKIP Undana meraih emas kelas B putra pada Cabor Pencak Silat, Marcelino V. Fallo, mahasiswa Semester V Prodi PJKR, FKIP Undana meraih 2 medali perak pada kategori 10.000 meter putra dan 5.000 meter putra pada cabor atletik, Juwita S. Koi, mahasiswi Semester III Prodi PJKR FKIP Undana meraih medali perak kategori 800 meter putri pada cabor atletik dan Frengki Kapoteng, mahasiswa Semester V Prodi PJKR FKIP Undana meraih medali perunggu kategori 1.500 putra pada cabor atletik.

Baca Juga:  Daftar 10 Perguruan Tinggi Terbaik di NTT Tahun 2022 Versi UniRank

Dengan demikian, BAPOMI NTT meraih 3 emas, 3 perak dan 1 perunggu. Ketua BAPOMI NTT, Dr. Siprianus Suban Garak, M.Sc menyampaikan proficiat dan apresiasi yang tinggi kepada semua atlet yang telah berjuang mewakili Provinsi NTT. “Proficiat dan apresiasi kepada semua atlet, baik yang juara maupun yang belum, karena semua atlet telah memberikan yang terbaik bagi Provinsi NTT,” ujar Ketua BAPOMI NTT, yang juga Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Undana.

Ia berharap seluruh atlet tetap meningkatkan disiplin berlatih dan semangat juang agar bisa meraih hasil terbaik. Ia juga mengajak seluruh perguruan tinggi di NTT berpartisipasi mendukung mahasiswa yang memiliki talenta olahraga agar mengikuti seleksi yang akan dilaksanakan pada even POMNas yang akan datang.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Berno Benigno Mitang, S.E., M.M menambahkan, untuk tahun ini Unimor mengikutsertakan atlet untuk berpartisipasi di ajang ini. “Keikutsertaan kami (Unimor) hanya untuk mencari pengalaman dan belum dikoordinasikan dengan baik. Secara finansial juga kami terbatas, tetapi ke depan kami akan lakukan yang terbaik bagi mahasiswa,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Jumat (25/11/2022).

Ia mengatakan ke depan setiap perguruan tinggi di NTT, khususnya Unimor akan meningkatkan geliat Unit Kerja Mahasiswa Bidang Olahraga. Dengan demikian atlet-atlet akan dibina dan dilatih secara profesional, dengan dukungan fasilitas yang mumpuni.

“Selain itu perlu diadakan banyak kejuaraan antar mahasiswa di tingkat regional, khususnya NTT, sehingga mendapatkan bibit-bibit yang profesional dan untuk meningkatkan minat mahasiswa,” ungkap WR III Unimor.

Khusus untuk target POMNas tahun depan, kata WR III Unimor, pihaknya baru bisa menargetkan mahasiswanya mengikuti beberapa cabor, khususnya atletik dan beladiri. (*/rfl/rnc)

Baca Juga:  Lulus Ujian Terbuka, Jalaludin Resmi Bergelar Doktor Bidang Peternakan

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *