oleh

Undana Terima Sertifikat ISO 9001, Diharapkan Tingkatkan Keamanan Informasi

Kupang, RNC – Universitas Nusa Cendana Kupang baru saja menerima sertifikat manajemen mutu ISO 9001:2015, Kamis (8/12/2022) siang.
Terdapat 3 Biro di kampus itu yang mendapatkan sertifikat mutu tersebut. Perguruan tinggi terbesar di NTT ini akan melakukan pembenahan untuk meningkatkan kualitas sistem manajemen di beberapa lembaga yang bernaung di bawah universitas.

Diwawancarai RakyatNTT.com di Lantai I Gedung ICT Center UNC Kupang, Rektor Undana, Dr. Maxs Sanam mengatakan tiga biro yang menerima sertifikat sistem manajemen mutu ISO 9001:2015 yakni Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Biro Perencanaan dan Kerja Sama serta Biro Umum dan Keuangan.

Ia menambahkan, walau sebelumnya ada fakultas yang sudah menerima sertifikat ISO, namun dinilai sudah kedaluwarsa, karena diterima sejak 11 tahun yang lalu, sehingga dengan predikat sertifikasi ini, secara langsung membantu mengangkat mutu Undana.

Maxs juga mengatakan, dengan sertifikat yang diterima dari tim ISO yakni CV. Mita Sejati Fazahara, maka Undana akan meningkatkan kualitasnya. Rektor memastikan akan dilakukan pada dua lembaga yang berurusan dengan layanan mahasiswa. “Kita prioritaskan unit yang langsung bersentuhan dengan layanan terhadap mahasiswa, tentu juga sesuai anggaran yang ada,” ungkapnya.

Ia berharap untuk tiga biro yang mendapat sertifikasi ISO ini dapat mempertahankan mutu dan bila perlu ditingkatlan lagi, sehingga bisa mendapatkan sertifikasi ISO yang lebih tinggi.

Sementara itu, di tempat yang sama, Direktur CV. Mita Sejati Fazahara, Ivar Kusradi mengatakan, proses hingga tiga biro ini mendapatkan sertifikasi, yakni dimulai dari pendampingan dan audit sertifikasi. Terdapat, rekomendasi yang paling utama yakni mengoptimalkan SOP dan manajemen resiko.

“Ini yang perlu kita pressing di tiga biro ini, terkait dengan manajemen resiko, identifikasi resiko, sampai mereka bisa mengelola resiko. Itu poin paling penting untuk manajemen di era sekarang,” jelasnya.

Baca Juga:  Pimpin HMP Matematika FST Undana, Dhea Balukh: Wadah Belajar Kepemimpinan

Selain itu, Ivar juga menyampaikan Undana harus bisa meningkatkan kualitas sistem manajemen mutu pada berbagai lembaganya. Salah satu yang paling akhir adalah memastikan keamanan informasi manajemen sistem seperti pada seri ISO 2701. “Artinya Undana ke depan juga harus merencanakan bagaimana infrastruktur IT-nya, dan keamanan informasinya,” katanya. (rnc04)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *