oleh

Nasib Maria Geong-Silverius Syukur Belum Aman Menuju Pilkada Mabar

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Maria Geong adalah salah satu bakal calon Bupati Manggarai Barat (Mabar). Meski berstatus sebagai Wakil Bupati, namun peluang Maria Geong menjadi kontestan di Pilkada Mabar berpasangan dengan Silverius Syukur, hingga kini belum aman. Padahal, jadwal tahapan pendaftaran calon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah di depan mata.

Sejauh ini, baru ada tiga partai yang dipastikan bakal ada dalam koalisi untuk mengusung Maria dan Silverius (Paket Misi). Yakni, PDI Perjuangan, Gerindra dan Perindo. Namun, koalisi tiga partai ini belum memenuhi treshold Pilkada karena baru memiliki 5 kursi di DPRD Mabar. Sedangkan untuk bisa mengusung calon di Pilkada Mabar, partai atau koalisi minimal memiliki 6 kursi di legislatif.

Untuk bisa lolos, Paket Misi harus mendapat dukungan tambahan dari partai yang mendapatkan kursi di DPRD. Minimal partai dengan 1 kursi sehingga bisa genap 6 kursi. Dan dari 13 partai yang mendapat kursi di DPRD Mabar, masih ada beberapa partai yang belum final menentukan arah dukungan. Salah satunya adalah partai Golkar dengan 3 kursi di DPRD. Jika Golkar tetap konsisten agar calon yang diusung harus ada warna Golkar sebagaimana dikatakan Melki Laka Lena, maka Paket Misi pasti kesulitan mendapatkan dukungan dari Golkar.

Selain Golkar, Paket Misi masih berpeluang mendapatkan dukungan dari PKB yang juga memiliki 3 kursi di DPRD Mabar. PKB sendiri pada 23 Juli 2020 lalu telah menyerahkan SK rekomendasi kepada pasangan Abdul Asis dan Andre Djemalu. Namun hingga saat ini paket Aziz-Andre belum juga mendapat dukungan dari partai lain sehingga belum memenuhi syarat pencalonan.

Untuk diketahui, hingga kini sudah ada tiga paket yang menggelar deklarasi bersama partai koalisi. Yakni Paket Edi-Weng (Edistasius Endi dan dr. Yulianus Weng) didukung Nasdem, PBB dan PKPI (7 kursi), Paket AG-AG (Adrianus Garu dan Anggalinus Gapul) didukung Hanura dan PAN (6 kursi) serta Paket Pantas-Rizky (Ferdinandus Pantas dan Hj Andi Rizky Nur Cahya) didukung Demokrat, PKS dan PPP (6 kursi). (rnc09)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed