oleh

Percepat Tes Swab, Pemprov NTT Benahi Laboratorium di 5 Rumah Sakit

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) terus berupaya memaksimalkan penanganan wabah Covid-19. Kali ini, Pemprov NTT melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) berusaha agar Test Cepat Molekuler (TCM) bisa dilakukan di beberapa rumah sakit, selain di RSUD Prof. W.Z. Johannes Kupang.

Dalam jumpa pers di Balai Dinkes Provinsi NTT, Sekretaris I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, drg. Dominikus Minggu Mere menyampaikan, dalam waktu dekat akan didistribusikan cartridge TCM ke rumah sakit di beberapa daerah. Adapun lima rumah sakit yang mendapatkan rekomendasi, yakni RSUD Prof. W.Z. Johannes Kupang, RSU TC Hillers di Kabupaten Sikka, RSU Umbu Rara Meha di Sumba Timur, RSU Komodo Labuan Bajo di Manggarai Barat dan RSUD Gabriel Manek di Belu.

Domi menjelaskan, lima rumah sakit yang direkomendasikan ini telah ditetapkan wilayah pelayanannya masing-masing untuk mengakomodir beberapa kabupaten yang berdekatan. “Untuk Ende dan Belu alat TCM ini harus diinstal terlebih dahulu,” tambahnya.

BACA JUGA: Angka Sembuh Pasien Covid-19 di NTT Masih di Bawah Angka Nasional

Ia juga mengungkapkan, Pemrov NTT sementara berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan guna menetapkan teknisi yang akan memasang alat TCM tersebut. “Pada dasarnya kita prioritaskan dulu untuk empat rumah sakit itu. Kalau itu bisa dilakukan maka tentu kita tidak hanya menunggu pemeriksaan di RSUD Johannes,” terangnya.

Untuk diketahui, pemeriksaan sampel Swab menggunakan PCR real time membutuhkan waktu tujuh jam. Dengan adanya TCM di empat rumah sakit, maka waktu pemeriksaan sampel Swab dipersingkat menjadi 45 Menit. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed