oleh

PKB Sambut Baik Tawaran NasDem Usung Anies Baswedan

Jakarta, RNC – Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid menyatakan PKB menyambut baik kerja sama politik dengan NasDem di Pilpres 2024 untuk mengusung Anies Baswedan. Hal ini merupakan keputusan Rapat Pleno DPP PKB yang digelar di Kantor DPP PKB, Jakarta, Jumat (1/9).
“Utamanya kabar beredar terakhir. Terkait tawaran NasDem kerja sama dengan NasDem. Maka tadi pleno berikan side bahwa pleno menyatakan dan menyambut baik tawaran kerja sama dari NasDem,” kata Jazilul di Kantor DPP PKB.

Namun, Jazilul menjelaskan tawaran kerja sama dengan NasDem ini akan difinalisasi lewat forum rapat lebih luas di Surabaya, Jawa Timur, Jumat siang nanti. Ia menjelaskan rapat itu akan dihadiri oleh para pemangku kepentingan PKB dan berkonsultasi dengan para kiai.

“Semuanya hasil rapat pleno ini kita finalkan di Surabaya nanti. Kapan deklarasi kapan, tentu [tunggu keputusan] nanti sore,” kata dia.

Jazilul mengklaim rapat pleno PKB sempat berjalan alot. Dewan Syuro dan Tanfidzyah PKB memberikan argumentasi soal peluang kerja sama dengan NasDem.

“Dan pada ujungnya keputusannya akan ada finalisasi. Berarti hari ini intinya menyambut baik tawaran kerja sama dari NasDem,” ucap dia.

Jazilul pun mengatakan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin kini sedang dipingit.

Sebelumnya, Partai Demokrat mengungkap bakal calon presiden Anies Baswedan menyetujui kerja sama politik Partai Nasdem dan PKB. Menurut Demokrat, keputusan itu dilakukan secara sepihak sehingga mereka merasa dikhianati.

Sebab, Anies sebetulnya telah didukung oleh NasDem, Demokrat, dan PKS lewat Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). PKB pun saat ini tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju bersama Gerindra, Golkar, PAN, dan PBB mengusung Prabowo Subianto.

Baca Juga:  Daftar di PKB, Emi Nomleni Kenang Suka Duka Pilkada NTT 2018

Ketua Umum NasDem Surya Paloh pun mengatakan duet Anies dan Muhaimin Iskandar kemungkinan bisa terjadi. Namun, keputusan belum final.

“Bisa terjadi. Keputusan itu belum puncak sepenuhnya,” kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (31/8). (*/rpb/rnc)

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *