oleh

Raditya Oloan, Masa Kelam sebagai Pecandu Narkoba hingga jadi Pendeta

Iklan Demokrat

Jakarta, RNC – Raditya Oloan banyak menginspirasi banyak orang semasa hidupnya. Ia begitu berpengaruh sebagai seorang pendeta.

Di mata keluarga pun, Raditya Oloan adalah sosok yang dibanggakan. Tak hanya sebagai suami dan ayah yang baik, tapi Raditya Oloan juga tipikal orang yang mengayomi orang tua dan sanak saudaranya.

Iklan Dimonium Air

“Kalau Adit sih dia kebanggaan orang tua. Kakak beradik ya kebanggaanlah itu. Dan juga yang pasti dia jadi teman, jadi sahabat, jadi mentor, jadi pastur untuk kita semua. Karena kita bergereja di gereja yang sama semua. Dia jadi gembalanya. Jadi dia kayak pendeta kami di keluarga besar,” ujar adik Raditya Oloan, Icha saat ditemui di Rumah Duka Sentosa RS. Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Sabtu (8/5/2021).

Dilansir dari detikcom, Raditya Oloan semasa hidupnya juga dikenal sebagai sosok yang ceria. Suami Joanna Alexandra itu pun selalu tampil adanya tanpa malu memperlihatkan kelemahannya.

“Jadi bapak, adik, kakak yang usil dan menceriakan suasana. Dan dia nggak pernah takut untuk meperlihatkan kelemahan dia untuk orang-orang. Teman-teman tuh tahu kelemahan dia dan keburukan dia. Mereka tahu sekali. Dia selalu apa-adanya dan percaya semua orang pasti bisa. Tidak menyerah dengan kelemahan. Tapi ada dampak yang jadi pelajaran, itu sih,” ungkap Icha.

Di balik sosoknya sebagai seorang pendeta, ada kisah menarik yang bisa dijadikan pelajaran. Raditya Oloan dahulu adalah seorang bandar narkoba yang melakukan tobat dengan sungguh-sungguh.

“Ya mungkin teman-teman sebagian udah ada yang tahu, pernah lihat juga. Dia kan dulunya, coba sebut saja bandar narkoba, dia pergaulan bebas yang menurut orang itu nggak bagus ya,” imbuh Icha.

Raditya Oloan dulu begitu nakal pada saat itu. Selain berurusan dengan narkoba, ia juga menghamili Joanna Alexandra di luar nikah. Pada saat itulah hatinya terbuka dan menjadi tobat.

“Tapi memang ada satu titik waktu itu, titik di mana Joanna akhirnya diketahui hamil waktu itu. Justru titik pertamanya adalah dia merasa yang harusnya dia mendapatkan hukuman ya, siapa orang tua yang terima sih kalau tahu anaknya menghamili anak orang, ibaratnya gitu kan,” papar Icha.

“Tapi justru waktu dia datang ke ayah kami, ke Papa, tapi justru dia pikirannya diusir dari rumah. Mungkin dicoret dari Kartu Keluarga, tapi justru malah Papa waktu itu bilang, Papa bilang gini, ‘Yaudah Dit kalau kamu mau mengugurkan (kehamilan Joanna) Papa yang akan tanggung dosa kamu.’ Jadi di situ tuh dia ngerasa ini ada kasih yang nggak bersyarat yang dia dapat dari bapaknya,” beber Icha.

Tak ada yang menyangka ternyata Joanna Alexandra justru yang membawa Raditya Oloan makin dekat dengan Tuhan. Joanna Alexandra dan Raditya Oloan mempertanggungjawabkan kesalahan mereka.

“Dan itu sih justru pengampunan itu yang akhirnya buat dia ketemu Tuhan. Bahwa kasih tanpa syarat itu ya betul-betul ada dan itu yang membuat dia akhirnya mau bertanggung jawab sama Joanna,” tuturnya.

“Dan dia mau betul-betul dia ketemu Tuhan dan dia mengubah hidup dari situ. Akhirnya ya betul-betul kayak ya itulah. Di situ titik baliknya dia. Karena dia menerima pengampunan dan kasih dari Bapak itu,” pungkas sang adik, Icha. (*/dtc/rnc)

  • 218
    Shares

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed