oleh

Silvester Taneo jadi Rektor Undarma, Siapkan Beasiswa untuk Tiap Desa di NTT

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Yayasan Pelayanan Kasih Anak Bangsa Kupang resmi melantik Dr. Drs. Silvester P. Taneo, M.Si sebagai Rektor Universitas Karya Darma (Undarma) Kupang. Acara pelantikan dilangsugkan di Aula Utama Hotel Cahaya Bapa Kupang, Rabu (23/10/2019).

Pembacaan Surat Keputusan pengangkatan Dr. Drs Silvester P. Taneo S.Pd, M.Si. sebagai Rektor Undarma Periode 2019-2023 tertuang dalam Surat Keputusan yang ditetapkan sejak 16 September 2019 lalu.

Ketua Yayasan Pelayanan Kasih Anak Bangsa Kupang, Yonatan Djawa Potewali, mengatakan sebagai yayasan yang menaungi kampus Undarma, dirinya memberi kepercayaan penuh kepada Silvester Taneo. Ia berharap rektor akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan.

Dirinya menyerahkan sepenuhnya roda universitas kepada rektor agar dapat bersaing dan mewujudkan visi-misi Undarma Kupang, sebagai kampus terdepan di Provinsi NTT pada tahun 2039 mendatang.

Sementara itu, rektor terpilih Undarma Kupang, Dr. Silvester P. Taneo, M.Si mengatakan dalam memimpin Undarma periode ini dirinya bersama seluruh pegawai dan civitas akademika Undarma Kupang bertekad bangkit menyongsong pembangunan manusia di era digital. “Semoga harapan semua pihak, kampus Undarma menjadi kampus yang maju dan berdaya saing tinggi dan mampu bekerja sama dengan semua stakeholder agar apa yang dicita-citakan akan terwujud,” ungkap dosen PGSD FKIP Undana ini.

Ia menambahkan Undarma sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di NTT dengan visi menjadi yang terdepan dalam menghasilkan SDM yang kreatif, bermutu, berdaya saing tinggi, bermartabat dan berkarakter kewirausahaan, beriman serta bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dengan pelayanan pokoknya adalah pengembangan manusia cerdas dan kreatif.

Sebagai salah satu aset nasional, Undarma Kupang akan mempertahankan prestasi yang ada guna mencapai prestasi yang lebih tinggi. Undarma siap bekerja sama dengan semua stakeholders terutama pemerintah daerah. “Mari kita sama-sama membangbun bangsa ini melalui pendidikan yang lebih baik, Undarma tidak dapat berdiri sendiri, tetapi memedomani patokan universitas pemerintah yang sudah eksis. Dengan demikian Universitas Karya Darma Kupang sementara ini bekerja sama dengan Universitas Nusa Cendana sebagai universitas pembina dalam pengembangannya ke depan,” katanya.

Pihak universitas dan yayasan melaui beasiswa HWF menyediakan beasiswa bagi para calon mahasiswa tersebut. “Kami berharap sedapat mungkin melalui pemerintah dan desa dapat mengalokasikan dana bantuan beasiswa bagi mahasiswa khusus untuk mahasiswa yang ekonomi lemah atau kurang mampu sebagai amanat undang-undang bahwa harus mengalokasikan 20% dari APBD atau APBN,” pungkasnya.
Sementara itu Gubernur NTT dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Setda Provinsi NTT Drs. Ahmad Jamaludin menyampaikan selamat kepada rektor Dr. Silvester P. Taneo. Gubernur meyakini bahwa Dr. Silvester Taneo bisa menyelesaikan persoalan dan pergumulan di Undarma. “Jika kerja di Undarma harap gaji tinggi memang tidak bisa, namun itu untuk investasi manusia. Kampus ini adalah kampus pelangi, tidak mengenal suku, ras dan agama. Yang perlu dipantau adalah gerakan-gerakan radikalisme yang ada di kampus,” ungkap Ahmad.

Pemprov NTT mengharapkan agar setiap universitas terutama Undarma agar menyesuaikan dengan visi dan cara kerja gubernur yang out of the box. Salah satu misi gubernur adalah peningkatan sumber daya manusia, maka ada titipan besar kepada kampus ini. “Pembangunan di bidang pendidikan menjadi tanggung jawab yang serius jangan sampai transparansi tidak dijalankan dan tidak dimulai dari perguruan tinggi, prime mover NTT adalah pembangunan pariwisata harus dilandasi dengan perang yang namanya sampah terutama sampah plastik dan itu dimulai dari diri sendiri,” pungkasnya. (rnc02)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed