oleh

Wali Kota Jeriko Serahkan Bansos untuk Penyandang Disabilitas

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Wali Kota Kupang, Dr. Jefirstson R. Riwu Kore, MM.,MH menyerahkan bantuan sosial nontunai asistensi sosial penyandang disabilitas (ASPD) dari Kementerian Sosial kepada para penyandang disabilitas di Kota Kupang.

Penyerahan berlangsung di Panti Asuhan Kasih, Kelurahan Kelapa Lima, Rabu (12/8/2020). Adapun bantuan yang diserahkan pada kesempatan tersebut antara lain asistensi sosial penyandang disabilitas luar panti dan asistensi sosial penyandang disabilitas dalam panti.

BACA JUGA: FKUB Serahkan Draft Perwali tentang Izin Pendirian Rumah Ibadah kepada Wali Kota

Dalam sambutannya, Wali Kota menyampaikan bantuan ini merupakan wujud kepedulian pemerintah kepada para penyandang disabilitas. Diakuinya apa yang diberikan masih jauh dari harapan, karena itu Wali Kota memerintahkan Kepala Dinas Sosial Kota Kupang yang turut hadir pada kesempatan tersebut untuk merancang realokasi anggaran yang lebih banyak di tahun mendatang bagi para penyandang disabilitas.

“Kalau bisa kita siapkan alat bantu juga bagi mereka, karena mereka adalah saudara-saudara kita yang perlu dibantu,” pintanya. Wali Kota berharap ke depan ada perubahan besar di jajaran Pemkot Kupang yang memberi perhatian lebih besar bagi para penyandang disabilitas.

Kepala Dinas Sosial Kota Kupang, Lodywik Djungu Lape, S.Sos menjelaskan bahwa sesuai data kondisi riil jumlah penyandang disabilitas di Kota Kupang saat ini sebanyak 831 orang. Selain bantuan asistensi sosial penyandang disabilitas di dalam dan luar pantai, para penyandang disabilitas juga menerima sejumlah bantuan baik dari APBN maupun APBD Kota Kupang.

Di antaranya adalah bantuan sosial tunai bagi penyandang disabilitas dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19 yang bersumber dari APBN, bantuan dana pemenuhan kebutuhan dasar bagi penyandang disabilitas, bantuan permakanan bagi penyandang disabilitas, bantuan alat bantu, bantuan sembako bagi penyandang disabilitas dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19 serta bantuan program keluarga harapan (PKH).

BACA JUGA: Lagi, 5 Rumah Segera Dibedah, Pemiliknya Tinggal Sementara di Rujab Wali Kota

Menurutnya hingga saat ini tercatat 798 orang penyandang disabilitas di Kota Kupang yang sudah tersentuh bantuan. Pernyataan itu sekaligus membantah informasi keliru yang tersebar di media sosial sebelumnya yang mengklaim 60 persen penyandang disabiltas di Kota Kupang belum terlayani.

Tampak hadir pada penyerahan bantuan tersebut Ketua Yayasan Cahaya Pelita Flobamora Kupang, Rony Wa’as, Kepala Panti Asuhan Kasih, Alex De Fretes, dan jajaran dari Dinas Sosial Kota Kupang. (*/PKP/ans/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed