oleh

CPNS 2021 Segera Dibuka Terbatas, Ini Bocoran Formasinya

Jakarta, RNC – Program seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2020 ditiadakan sementara waktu karena masa pandemi Covid-19. Tahun ini dapat dipastikan tidak akan ada seleksi penerimaan CPNS dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Apalagi proses seleksi penerimaan CPNS tahun 2019 saat ini juga belum selesai. Seleksi CPNS akan dilanjutkan pada tahun depan yaitu pada 2021.

Tjahjo Kumolo, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), memberikan bocoran terkait info seleksi penerimaan CPNS 2021 yang akan digelar secara terbatas dan sesuai kebutuhan kementerian/lembaga.

Berikut adalah bocoran terkait formasi CPNS 2021. “Tahun depan, kita sudah sepakat untuk pengadaan 1 juta guru. Kemudian pengadaan bidan, tenaga perawat dan dokter, sebanyak 200.000 orang lebih,” ujar Tjahjo Kumolo pada 10 Oktober 2020 lalu.

Namun, perekrutan 1 juta guru ini belum dapat dipastikan karena jumlah ini merupakan jumlah yang diusulkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan penghitungan jumlah guru yang masih kurang di berbagai penjuru tanah air.

Belum dipastikan juga apakah nantinya berstatus sebagai PNS atau PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) yang dibebankan kepada pemerintah daerah.

Selain memprioritaskan tenaga pendidik, formasi yang juga terbuka lebar dalam rekrutmen CPNS 2021 adalah tenaga kesehatan dan penyuluh.

BACA JUGA: Kabar Gembira, Pemerintah Pastikan Buka Lowongan CPNS 2021

Menpan RB menyebut pemerintah masih kekurangan sekitar 260 ribu tenaga medis dan kekurangan 100 ribu tenaga penyuluh. Selain tiga formasi di atas, rekrutmen CPNS melalui jalur kedinasan juga tetap diadakan.

“Rekrutmen CPNS, dua tahun ini enggak ada. Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. Akpol (Akademi Polisi), Akmil (Akademi Militer) tetap (dilaksanakan) di 2021,” kata MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di Gedung DPR, Jakarta, pada 6 Juli 2020 lalu.

Perlu diketahui bahwa peminat profesi ini memang sangat tinggi, hal ini terlihat dari membeludaknya jumlah orang yang mendaftar saat rekrutmen CPNS dibuka. Bagi orang tua, Pegawai Negeri Sipil (PNS) dianggap sebagai pekerjaan yang sangat menjanjikan untuk masa depan anaknya. Selain itu, ada sejumlah alasan mengapa banyak orang menginginkan jadi PNS.

(*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed