oleh

Kembangkan Literasi, SMP Kristen Citra Bangsa Rintis Program Menulis

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – SMP Kristen Citra Bangsa membuka kelas khusus menulis bagi siswa-siswi di sekolah tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan Rabu (16/10/2019). Sekolah yang dikenal menerapkan pendidikan berkarakter Kristus ini membuka kelas tersebut untuk mengembangkan literasi anak didik yang bernaung di bawah Yayasan Citra Bina Insan Mandiri (CBIN).

Kegiatan menulis tersebut dipimpin langsung perintis Citra Bangsa Menulis, Benjamin E. Kadja. Para siswa didampingi guru Bahasa Indonesia.

Iklan Dimonium Air

Benjamin selaku perintis program kegiatan Citra Bangsa menulis menjelaskan bahwa kelas menulis yang dicetuskannya bertujuan untuk pengembangan literasi anak. “Karena menulis akan menjadi kisah yang dikenangkan sejarah, maka mari kita menanamkan budaya ini kepada anak didik kita,” ucap alumni Jurusan Bahasa Indonesia FKIP Undana ini.

Ia menambahkan minimnya budaya literasi menjadi persoalan serius yang harus menjadi perhatian para guru. Oleh karena itu, program literasi harus terus dikembangkan. “Walaupun selama ini program literasi sudah menjadi program sekolah, tapi itu hanya sebatas baca sebelum memulai pelajaran. Hari ini dikemas menjadi tulisan dalam bentuk puisi,” jelas Sekretaris MGMP Kota Kupang tersebut.

Ia menambahkan, tulisan tersebut akan dicetak menjadi antologi puisi karya siswa-siswi SMPK Citra Bangsa. Dirinya mengaku bahwa saat ini SMP Citra bangsa sudah terdaftar sebagai salah satu sekolah yang ikut program gerakan menulis buku nasional (GMBN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah. “Ketika dilihat dari antusias anak-anak, kegiatan Citra Bangsa Menulis akan menjadi agenda bulanan supaya bakat menulis anak-anak yang selama ini dipendam bisa dituangkan lewat secarik kertas. Hal ini pun sebagai tindaklanjut GMBN yang disandang Citra Bangsa,” pungkasnya. (rnc02)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed