oleh

KPU Siapkan Rekapitulasi Elektronik, Menkominfo Jamin Kualitas Jaringan Internet

Jakarta, RNC – Upaya Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam mempersiapkan rekapitulasi berbasis elektronik mendapat dukungan penuh dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. Menkominfo bahkan mengatakan kualitas internet di Indonesia sudah mampu untuk menopang penyelenggaraan Pemilihan Serentak 2020 yang berbasis digital atau teknologi seperti rekapitulasi elektronik.

Dikutip dari okezone.com, Menkominfo menjelaskan, selama ini Kominfo telah membangun infrastruktur komunikasi dan informasi di seluruh daerah Indonesia. Sehingga penyelenggara pemilu bisa memanfaatkannya untuk Pemilihan. Secara teknis teknologi yang sudah dimiliki Indonesia saat ini, termasuk di dalamnya sertifikat elektronik dan quality of service dari sinyal bandwidth yang tersedia, sudah memungkinkan kita untuk melakukan proses pemilihan kepala daerah secara digital.

“Kita minta KPU memetakan lokasi pendirian TPS jika menggelar Pemilihan secara digital. Sehingga sinyal 4G yang tersedia bisa dimanfaatkan dengan baik. Kami mendukung penuh penyelenggara Pemilu yang akan menerapkan Pemilihan Serentak berbasis digital,” ujar Menkominfo.

BACA JUGA: Kemendagri Minta KPU-Bawaslu Coret Bapaslon yang Abaikan Protokol Kesehatan

Menkominfo mengatakan memang sudah saatnya pemilu di Indonesia beralih ke teknologi yang lebih tinggi. Pemilihan 2020 bisa dimanfaatkan sebagai tahap uji coba agar teknologi informasi bisa diterapkan di Pemilu 2024.

Sebelumnya, pihak KPU maupun Kominfo sudah bersepakat saling menopang dalam mempersiapkan infrastruktur jaringan internet di seluruh wilayah di Indonesia yang melaksanakan Pemilihan Serentak 2020. Terkait implementasi rekapitulasi elektronik, KPU meminta Kominfo menyediakan jaringan internet pada level 4G agar memudahkan proses pengiriman hasil rekapitulasi di TPS. Kominfo telah meminta KPU melakukan pemetaan titik kordinat TPS yang nantinya akan diintegrasikan dengan data koordinat wilayah-wilayah di Indonesia yang sudah memiliki jaringan 4G. Adapun untuk daerah-daerah remote seperti pegunungan atau daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal), pihak Kominfo maupun KPU masih mencari solusi untuk menangani masalah jaringan internet di daerah tersebut.

Salah satu solusi yang diusulkan oleh KPU untuk menangani persoalan jaringan adalah meminta Kominfo mengoperasikan network mobile atau mobil satelit yang bisa berpindah-pindah tempat untuk memperkuat jaringan di daerah-daerah tertentu.

(*/okz/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed