oleh

Lagi PPKM Darurat, PKB dan Nasdem Saling Serang soal Kinerja Menteri

Iklan Covid Walikota Kupang

Jakarta, RNC – Politisi Partai NasDem Irma Suryani Chaniago tidak terima dengan sikap Sekretaris Gerakan Sosial dan Kebencanaan DPP PKB Luqman Hakim yang menyerang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dan politisi PKB Daniel Johan yang mengkritik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Irma pun menjawab dengan membeberkan kinerja menteri asal NasDem.

Sebelumnya, Luqman menilai Plate bertanggung jawab atas ketidaksinkronan pernyataan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dengan Menko Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan soal perpanjangan PPKM Darurat. Sedangkan Daniel, mengkritik Syahrul soal program food estate.

Iklan Dimonium Air

Menurut Irma, Luqman tidak memahami tupoksi para menteri. “Menkominfo bukan atasan Menko PMK dan juga Menko Marves. Mereka itu kolega. Tidak ada regulasi yang mengatur bahwa semua menteri kalau mau bicara harus lapor dulu pada Menkominfo,” tegas mantan Jubir Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf dalam Pilpres 2019 ini, Selasa (20/7/2021).

Soal kinerja Syahrul, Irma menerangkan, pertanaian adalah satu-satunya sektor yang tumbuh positif di era pendemi. “Ketahanan pangan juga cukup dan mampu menjaga harga-harga kebutuhan pokok dengan baik,” ucapnya.

Dia lalu mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS), yang memperlihatkan, ekspor pertanian Indonesia pada Maret 2021 meningkat hingga dua digit, baik secara month to month (mtm) ataupun year on year (yoy).

“Secara yoy, ekspor pertanian tumbuh sebesar 25,04 persen. Beberapa produk pertanian yang naik cukup besar secara yoy adalah tanaman obat aromatik, rempah-rempah, serta sarang burung walet,” beber mantan Anggota Komisi IX DPR ini.

Irma melanjutkan, peningkatan ekspor pertanian mencapai 0,39 miliar dolar AS atau meningkat 27,06 persen. Persentase peningkatan ekspor sektor pertanian ini tertinggi dibanding sektor lain, yaitu sektor migas 5,28 persen, sektor industri pengolahan 22,27 persen, serta sektor pertambangan dan lainnya 13,68 persen.

Baca Juga:  Peduli Sesama, Nasdem Nagekeo Bagikan Bantuan Sembako untuk Pasien Covid-19

“Hal ini membuktikan bahwa kinerja Menteri Pertanian Sahrul Yasin Limpo dan Tim Manajemen Kementerian Pertanian makin moncer dan tentu prestasi ini sangat membanggakan,” imbuhnya.

Kembali ke masalah PPKM Darurat, Irma menyatakan, jika Luhut bicara tidak kompak dengan Muhadjir, lebih baik PKB langsung meminta ke yang bersangkutan untuk berkoordinasi lebih dulu sebelum bicara. Tidak perlu menyerang menteri lain.

“Seharusnya, di era pendemi seperti sekarang, partai-partai koalisi maupun partai-partai oposisi bersatu menyelamatkan jiwa rakyat! Bukan malah mempolitisasi dan saling menyerang atas kedukaan rakyat akibat pendemi,” ucap Irma. (*/rmc/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed