oleh

Sambut Sumpah Pemuda, Erwin Yuan Gelar Fashion Show Tenun NTT

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Menyongsong Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021, Erwin Yuan dari Padu Padan Tenun NTT bersama JNE menggelar fashion show. Kegiatan ini berlangsung di arena NTT Fair, Lasiana, Minggu (24/10/2021) sore.

Pantauan RakyatNTT.com, fashion show ini melibatkan para model Kota Kupang. Mereka menonjolkan modifikasi tenun karya Erwin Yuan. Busana yang dikenakan yakni topi, jilbab, baju, celana, tas, dan jas, semuanya berbahan dasar limbah kain tenun. Tak hanya itu, tarian modern dan lagu-lagu berwarna lokal pun ditampilkan para muda-mudi Kota Kupang.

Iklan Dimonium Air

Owner Padu Padan Tenun, Erwin Yuan mengatakan kain tenun di NTT kini menjadi sorotan pasar internasional, sehingga kain tenun tak boleh disia-siakan. Walaupun hanya kain bekas atau potongan kain tenun yang tidak dipergunakan lagi namun masih punya nilai.

Ia menjelaskan, busana yang dipentaskan oleh para model adalah sisa kain tenun. Kain-kain itu diambil dari sejumlah penjahit. Hasilnya pun cukup unik dan sangat fashionable.

“Kami bekerja sama dengan talent-talent muda agar memberikan kesadaran kepada kaum milenial tentang fashion dari kain tradisional, khususnya tenun NTT dan berpadu dengan bahan daur ulang agar menjadi suatu produk yang menarik serta mendukung zero waste agar mengurangi limbah sisa fashion,” jelasnya.

Erwin juga mengatakan, hasil karyanya pun sudah masuk pasaran nasional maupun internasional, bahkan cukup banyak pesanan dari sejumlah kerabat atau konsumen dari luar daerah. Hal ini dikarenakan motif tenun menjadi ikonik atau memberikan daya tarik terdsendiri saat dipajang di butik maupun website yang digunakan.

Melalui kegiatan fashion show, dapat memberikan nilai tambah bagi industri tenun yang ada di NTT. Selain itu, sebagai motivasi bagi para pegiat tenun lokal di daerah bahwa kain tenun memiliki nilai yang tinggi di dunia fashion internasional.

“Saya akan terus mengangkat walaupun saya tidak asli orang NTT, tapi jiwa saya sudah asli orang NTT,” ungkap Erwin.

Kepala Cabang JNE NTT, Emi Khilafat menyampaikan bahwa dukungannya terhadap karya asli NTT sudah banyak dilakukan, di mana selama ini JNE selalu membuka ruang bagi pesanan maupun jasa pengiriman kain tenun ke luar daerah.

Dengan adanya kegiatan ini, Emi berharap dapat memberikan hal baru, di mana busana modern yang dikolaborasikan dengan kain tenun juga bisa menjadi daya tarik baru. JNE pun siap untuk menjadi jembatan dalam proses pengiriman produk fashion NTT ke luar daerah.

“Sehingga bagaimana dengan apa yang mereka buat kita bisa kirimkan, tidak hanya menunggu pengunjung yang datang tetapi sudah bisa ke luar NTT itu sendiri,” imbuhnya. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed