oleh

Pj. Gubernur NTT Panen Raya Padi di Desa Edalode

Kupang, RNC – Penjabat (Pj) Gubernur NTT, Ayodhia G.L Kalake, SH, MDC, melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) di Kabupaten Rote Ndao, Sabtu (13/4/2024). Sejumlah agenda Pj. Gubernur NTT dalam kunker kali ini meliputi, Tatap Muka bersama para Nelayan di Desa Papela, Kecamatan Rote Timur, Panen Raya Padi di Desa Edalode, Kecamatan Pantai, penyerahan bantuan untuk rumah ibadah di Desa Oeseli, Kecamatan Rote Barat Daya, serta kunjungan ke Pulau Ndana sekaligus penyerahan bantuan sembako kepada para prajurit Marinir TNI Satgas PAM OPS Puter XXVII Pulau Ndana.

Usai pelaksanaan tatap muka di Desa Papela, Kecamatan Rote Timur, Pj Gubernur NTT Ayodhia Kalake, serta rombongan didampingi Pj Bupati Rote Ndao, Oder Maks Sombu, langsung menuju ke Dusun Sua, Desa Edalode, Kecamatan Pantai, untuk secara simbolis melaksanakan Panen Raya Padi di lahan milik masyarakat. Diketahui, Panen Raya ini menjadi salah satu agenda Pj. Gubernur NTT dalam kunjungan kerjanya di Rote Ndao.

Pj. Gubernur Ayodhia Kalake bersama Pj. Bupati Oder Maks Sombu, melakukan Panen Raya pada lahan seluas 173 Ha di Kompleks Pertanian Moina. Ini menjadi momen penting bagi masyarakat setempat, atas hasil garapan yang diperuntukan mendukung ketahanan pangan masyarakat serta kesejahteraan bagi petani. Usai prosesi Panen Raya, Ayodhia Kalake melakukan tatap muka dengan para petani. Pj. Gubernur NTT menjelaskan, pembangunan sektor pertanian merupakan salah satu upaya untuk mendukung ketahanan pangan di daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga perlu dilakukan dengan serius terlebih terkait penguatan dalam bidang teknologi pertanian dan infrastruktur khususnya pembangunan Irigasi Induk.

Selain itu, untuk kepentingan pengairan lahan pertanian masyarakat, juga dapat dilakukan dengan penambahan Sumur Bor sembari meminta agar lokasinya dipersiapkan dengan baik. Ayodhia juga menjelaskan, kegiatan Rehab Irigasi dan meminta Pemkab Rote Ndao melalui Dinas PUPR Rote Ndao untuk membangun koordinasi dan komunikasi bersama dengan Dinas PUPR Provinsi NTT terkait hal ini. “Semua usulan kami tampung dan untuk Kadis PUPR Rote Ndao dapat terus berkoordinasi dengan Kadis PUPR Kabupaten Pemprov NTT dan tentunya tetap menyesuaikan dengan APBD I dan APBD II,” jelas Ayodhia Kalake.

Baca Juga:  Belum Jelas Alasan Pemberhentian Direksi dan Komisaris Bank NTT

Ketua Gapoktan Desa Edalode, Djoel Manubulu yang juga perwakilan masyarakat yang hadir, dalam kesempatan tersebut juga menyampaikan terima kasih atas dukungan pemerintah lewat pembangunan irigasi demi hasil pertanian yang lebih baik lagi. Pihaknya juga berinisiatif mengajukan usulan pembangunan Sumur Bor, penambahan stok pupuk supaya petani tidak mengalami kesulitan dalam bertani dan juga penambahan Embung serta penambahan ruas jalan tani.

Usai panen raya dan tatap muka, dilakukan penyerahan PMT bagi 16 orang penerima secara simbolis oleh Ayodhia Kalake, Pj. Ketua TP PKK Provinsi NTT, Sofiana Milawati Kalake, Pj. Bupati Rote Ndao, Oder Maks Sombu dan Forkompinda Rote Ndao. Demikain Siaran Pers Biro Adminsitrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT. (*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *