oleh

Seleksi Sekda Kota, Ini Saran Mantan Wali Kota Daniel Adoe

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Mantan Wali Kota Kupang, Drs. Daniel Adoe berharap Pemerintah Kota Kupang segera memproses seleksi jabatan Sekretaris Daerah Kota Kupang. Menurut dia, ini jabatan strategis sehingga harus ada pejabat definitif.

Kepada RakyatNTT.com, Rabu (3/6/2020), Daniel Adoe menjelaskan semua proses di birokrasi mulai dari perencanaan program hingga realisasi anggaran berproses di sekda. “Jadi harus definitif karena ada tugas-tugas tertentu yang tidak bisa dilaksanakan oleh penjabat,” kata Wali Kota Kupang Periode 2007-2012 ini.

Ia berharap dalam tahun ini sudah ada pejabat definitif. Pasalnya, sesuai aturan tahun depan sudah tidak bisa diproses karena masa jabatan Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore berakhir di tahun 2022 dan akan jeda hingga 2024 baru pemilihan kepala daerah.

Terkait seleksi, Daniel Adoe menyarankan dilakukan secara terbuka dan dibuka untuk seluruh NTT. Siapapun pejabat di NTT yang memenuhi syarat silakan mendaftar. Tujuannya untuk mendapatkan yang terbaik.

“Kalau buka seluruh NTT pasti kita dapatkan orang yang terbaik,” ujar mantan Ketua DPD II Golkar Kota Kupang ini.

Ia menambahkan, sosok sekda definitif adalah orang yang berpengalaman, profesional dan lebih khusus bisa bekerja sama dengan kepala daerah. Faktor ini menjadi prioritas. “Syarat-syarat teknis diatur undang-undang, tapi lebih utama adalah bisa kerjasama dengan kepala daerah dan tentu berpengalaman,” kata Daniel.

Ia juga mengatakan pejabat definitif Sekda Kota Kupang tidak harus dari internal Pemkot Kupang. Bisa dari mana saja. Bahkan, semasa dia menjabat, sekda diambil dari Sumba. “Jadi terbuka untuk siapa saja. Harus dibuka untuk umum,” pungkas Daniel. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed