oleh

Kasus Positif Sudah Ratusan, Bagaimana dengan Penerapan New Normal 15 Juni di NTT?

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Hingga Kamis (4/6/2020) sore, tercatat angka positif Covid-19 di NTT mencapai 101 orang. Jumlah ini tersebar di 10 kabupaten/kota. Lalu bagaimana dengan penerapan kebijakan new normal yang direncanakan berlaku 15 Juni 2020?

Terkait ini, Sekretaris I Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT, Dr. drg. Dominikus Minggu Mere, kepada RakyatNTT.com mengatakan kebijakan new normal tetap diberlakukan 15 Juni nanti.

Menurut Domi, jika dianalisis eskalasi grafik perkembangan kasus covid-19 di NTT, maka pemberlakuan new normal tak masalah. Pasalnya, setelah melewati puncak kasus positif pada 12-13 Mei lalu, hingga saat ini laju kasus positif mengalami penurunan.

“Kan kita ini puncaknya di tanggal 12 Mei yang lalu. Jadi kita ini betul ada penambahan, tapi itu berkisar di 1, 3 atau 0 sama sekali. Jadi belum ada yang lewat dari 6,” ungkapnya.

Terkait adanya transmisi lokal di tiga daerah yakni Kota Kupang, Ende dan Manggarai Barat saat ini, Pemrov meminta tetap dilakukan penelusuran yang baik terhadap orang-orang yang berkontak erat dengan pasien positif. Dengan begitu bisa secepatnya meredam penyebaran virus di masyarakat lokal lainnya.

Berdasarkan kesepakatan, setiap daerah yang telah memiliki transmisi lokal akan dilakukan penegakan protokol kesehatan dengan ketat dalam berbagai sektor. “Dalam arti penerapan protokol seperti pembatasan sosial itu yang lebih diperketat lagi,” katanya. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed