oleh

Terkait Pelantikan SN-KT, Begini Tanggapan KPU Malaka

Iklan Covid Walikota Kupang

Betun, RNC – Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Malaka terpilih, Simon Nahak-Louise Lucky Taolin (SN-KT) saat ini tinggal menunggu pelantikan. Senin (22/3/2021) kemarin pasangan ini telah ditetapkan oleh KPU sebagai pasangan calon terpilih.

Dalam jumpa pers usai Rapat Pleno Terbuka di Aula Susteran SSPS Betun, Desa Wehali, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Malaka, kemarin, Ketua KPU Malaka, Yosep Nahak mengatakan penetapan SN-KT berdasarkan surat Mahkamah Konstitusi dan penyampaian putusan Mahkamah Konstitusi yang salianannya diterima KPU Malaka tanggal 19 Maret. Selain itu, bersasarkan Peraturan KPU tentang tahapan pemilihan 2020 terhitung 5 hari setelah adanya keputusan tetap, dilakukan pleno penetapan calon terpilih.

Iklan Dimonium Air

“Masih dalam interval waktu lima hari yang dimaksud sehingga secara formal dan materil kita tindaklanjuti tahapan tanggal 16 Februari 2020 tentang Rapat Terbuka Rekapitulasi Perolehan Suara Paslon,” jelas Yos Nahak.

Ia juga menjelaskan, pasangan calon yang ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih adalah Simon Nahak dan Kim Taolin yang memperoleh 50.890 suara.

BACA JUGA: SN-KT Audit Penggunaan Dana Desa di Malaka dalam 100 Hari Kerja

Lanjut Yos, setelah penetapan akan dilanjutkan dengan pengusulan untuk pengesahan atau pelantikan Bupati dan Wakil Bupati dengan menyampaikan dokumen-dokumen untuk usulan pengesahan ke DPRD.

“Jadi ada berita acara pleno hari ini kan, bermaksud kami sudah menyampaikan ke pimpinan DPRD dalam rangka perpisahan atau pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Malaka terpilih,” jelas Yos.

Dengan demikian, penyampaian dokumen pengusulan itu terhitung 3 hari sejak penetapan calon terpilih. “Sesuai regulasi, kami wajib menyampaikan kepada pimpinan (DPRD) untuk proses lanjut yaitu dalam rangka pengusulan pengesahan atau pelantikan. Terkait jadwal pelantikan, kapan itu sudah menjadi agenda DPRD. Kami hanya sebatas menyampaikan dokumen pengusulan ke pimpinan DPRD dan proses selanjutnya ada di pemerintah,” tambah Yos. (rnc11)

  • 166
    Shares
Baca Juga:  Selama Lima Bulan Siswi SMP di Malaka Ini Dicabuli Sepupunya, Pelaku Sudah Ditangkap

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed