oleh

THE World University Rankings 2021: UI Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

Jakarta, RNC – Lembaga Pemeringkatan Perguruan Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar peringkat lebih dari 1.000 universitas di dunia. THE World University Rankings 2021 bisa dilihat di laman https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings.

Di sana dicantumkan kalau perguruan tinggi terbaik di Indonesia adalah Universitas Indonesia atau UI. Peringkat UI berada dalam kelompok peringkat 801-1000 dunia, yang sekalipun melorot daripada tahun lalu yang berada di kelompok rangking 601-800 tapi masih yang tertinggi di Indonesia.

BACA JUGA: UI Peringkat Teratas Kampus Paling Produktif Hasilkan Publikasi Ilmiah

Sejumlah perguruan tinggi Indonesia yang lainnya berada di peringkat 1001+. Mereka berturut-turut di belakang UI adalah ITB, Universitas Brawijaya, Universitas Diponegoro, UGM, IPB University, Universitas Padjadjaran, ITS, dan Universitas Telkom.

Seluruhnya, sebanyak 1.500 Perguruan Tinggi di 93 negara di dunia masuk Pemeringkatan THE WUR 2021. UI mendapat skor 25,1-30,1. Capaian per indikatornya yaitu Performa Pengajaran 37,6; Penelitian 20,7; Performa Sitasi Karya Ilmiah 15,2; Sinergi dunia industri 84,5; dan Cakupan internasionalisasi: 51,3.

Performa UI paling menonjol adalah performa sinergi dunia industri. THE menggunakan indikator ini untuk menilai kemampuan universitas dalam mendukung industri melalui terobosan inovasi, penemuan maupun ide atas kebutuhan industri maupun masyarakat.

Universitas Indonesia sendiri, dalam pernyataan tertulis yang dibagikannya Sabtu 5 September 2020, menyatakan berfokus agar dapat menjadi think tank serta memecahkan permasalahan yang ada di tengah masyarakat. Dengan fokus pada tiga rumpun penelitian yaitu penelitian kesehatan, sosial humaniora dan sains teknologi, UI berkomitmen menghasilkan solusi yang bermanfaat bagi industri serta masyarakat.

Rektor UI, Ari Kuncoro, menilai pencapaian itu besar dan menunjukkan bahwa Indonesia dan UI khususnya, semakin dikenal masyarakat global dan tetap menjadi yang terbaik di Indonesia. UI juga tetap berkomitmen menghadirkan solusi atas permasalahan pandemi Covid-19 melalui aktivitas inovasi, riset, dan pengabdian masyarakat.

“Kontribusi para tenaga pengajar, peneliti, tenaga kependidikan, dan mahasiswa serta berkolaborasi dengan industri, pemerintah, dan masyarakat mampu membuat UI semakin melesat dan berdampak bagi negeri,” kata Ari dalam pernyataan tertulis itu.

Dia menekankan kemampuan Universitas Indonesia yang sekalipun berada di antara pandemi Covid-19, tetap membuka diri dengan dunia global. Dengan kecanggihan teknologi informasi dan komunikasi saat ini disebutkannya kalau sivitas akademika UI tetap terlibat di dalam kompetisi internasional, memperluas kolaborasi riset dengan perguruan tinggi lintas benua, memperkuat jaringan perguruan tinggi melalui keterlibatan dalam asosiasi regional dan internasional.

(tempo.co)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed