oleh

Yayasan Indonesia Mengajar Ajak Warga Raijua Bersatu Bangun Pendidikan

Iklan Demokrat

Seba, RNC – Yayasan Indonesia Mengajar terus menggerakkan pendidikan berbasis kerakyatan di sejumlah daerah terdepan. Untuk kesekian kalinya, Kabupaten Sabu Raijua di NTT dibidik sebagai lokasi strategis pengembangan program pendidikan dari yayasan tersebut.

Dalam seremoni pembukaan yang digelar di kantor Kelurahan Ledeke, Kecamatan Raijua, Kabupaten Sabu Raijua, Rabu (1/9/2021) siang, Tim Yayasan Indonesia Mengajar melakukan pertemuan bersama aparat kelurahan, pengurus Karang Taruna, Kepala dan Guru SDN Ledeke II beserta sejumlah warga. Kegiatan itu dilaksanakan sesuai protokol kesehatan guna terhindar dari wabah Covid-19.

Iklan Dimonium Air

Pada kesempatan itu, seluruh peserta menyepakati agar dibentuk satu forum yang bertujuan untuk melanjutkan program mencerdaskan kehidupan bangsa melalui taman baca.

Diwawancarai RakyatNTT.com, Koordinator Yayasan Indonesia Mengajar, Ayendra mengatakan program mencerdaskan kehidupan bangsa melalui taman baca akan berjalan di Kecamatan Raijua. Tujuannya adalah membangun gerakan bersama dengan masyarakat di wilayah terdepan untuk mendukung aktifitas pendidikan.

Ia juga menjelaskan, yayasan telah menugaskan timnya selama 1 tahun di wilayah Raijua. Tim yang dipersiapkan dari Yayasan Indonesia Mengajar adalah setiap pemuda berprestasi yang lulus dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia.

“Dengan masa bakti hanya 1 tahun, tetapi nanti juga akan digantikan pengajar muda selanjutnya selama 4-5 tahun,” ungkapnya.

Ayendra juga menyampaikan, dari diskusi tersbut telah disepakati untuk mengaktifkan kembali taman baca yang pernah ada. Taman baca ditujukan sebagai perpustakaan serta tempat pertemuan untuk membangun diskusi para pemuda kelurahan.

Selanjutnya, dari forum yang telah terbentuk ini, akan melanjutkan estafet program Indonesia Mengajar, di mana dalam giat selama setahun ini, yayasan akan mempersiapakan pengkaderan agar program tersebut tetap berlanjut untuk masa yang akan datang.

“Jadi orang-orang yang ada dalam forum ini bisa nanti kita siapkan untuk terus melanjutkan dan memajukan program ini, sehingga terus berlanjut,” jelasnya.

Baca Juga:  Fraksi PAN DPRD NTT Minta Pemerintah Bangun BTS di Pulau Raijua

Kepala SDN Ledeke II, Adriana Pedalatif memberikan apresiasi atas upaya yayasan yang berasal dari Jakarta itu. Menurutnya, program yang dihadirkan sangat membantu jalannya pendidikan nonformal bagi setiap anak-anak di Kelurahan. “Puji syukur ini sangat baik, karena membantu pendidikan yang ada,” katanya.

Ia mengharapkan ke depannya program dari Yayasan tersebut bisa terus berjalan, serta disambut masyarakat dengan terlibat langsung. Dengan demikian walaupun Kecamatan Raijua yang berada di pulau terluar dan terdepan, tapi masyarakatnya terdidik. (*/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed