oleh

72 Siswa Kota Kupang Ikut Diklat Paskibraka 2019

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Kamis (25/7/2019), Asisten Pemerintahan Setda Kota Kupang Drs. Yoseph Rera Beka memimpin acara pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Calon Paskibraka Kota Kupang Tahun 2019.

Tampak hadir perwakilan Dandim 1604, Yonif 743 PSY Kupang, pimpinan perangkat daerah Lingkup Pemerintah kota Kupang, para kepala sekolah SMU/SMK asal calon Paskibraka Kota Kupang , serta Koordinator dan Tim Pelatih Calon Paskibraka Kota Kupang.

Iklan Dimonium Air

Kepala Bidang Pengembangan Pemuda Kepemudaan dan Olahraga Kota Kupang Melkianus C. N. Siokain, S.Sos, MM selaku ketua panitia, dalam laporannya menyampaikan tujuan dilaksanakannya pendidikan dan pelatihan antara lain agar dapat meningkatkan dan mengembangkan rasa kesadaran nasional untuk mensyukuri kemerdekaan NKRI; Memupuk semangat kebangsaan, kecintaan serta turut memiliki bangsa dan NKRI dikalangan generasi muda; Mewujudkan kader-kader patriot pembela bangsa dan negara di kalangan generasi muda ; Mengembangkan sikap disiplin dengan mengikutsertakan pemuda pada peringatan hari-hari bersejarah; Membentuk Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih dalam rangka Upacara Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2019.

Pemerintah Kota Kupang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga melaksanakan pendidikan dan pelatihan calon Paskribraka selama 48 hari di Kota Kupang, tanggal 19 Juni sampai 13 Agustus 2019 dilaksanakan kegiatan pembinaan fisik dan pelatihan Paskibraka, bertempat di lapangan upacara Kantor Wali Kota Kupang.

Calon anggota Paskribraka juga akan mengikuti diklat untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan selama 10 hari, mulai 02- 11 Agustus 2019. Dari jumlah 72 orang calon Paskribraka yang lulus seleksi, akan ditunjuk 1 orang putra dan 1 orang putri untuk menjadi perwakilan dari Kota Kupang ke tingkat Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Tema yang diusung dalam kegiatan pelatihan adalah “Mewujudkan Potensi Pemuda sebagai Peserta Paskibraka Yang Berintegritas, Berkarakter, dan Berdayaguna dalam Membangun Pemuda”. Calon Paskibraka terdiri atas 72 orang yakni 41 orang putra dan 31 orang putri yang berasal dari SMA/SMK/MA negeri dan swasta, kelas X dan XI yang berusia 16–18 tahun.

Output kegiatan pendidikan dan pelatihan calon paskibraka yakni untuk pembentukan karakter peserta sebagai seorang pemuda berkualitas, peserta dapat secara praktis mempraktekkan baris berbaris, dan dapat membentuk formasi penaikan dan penurunan bendera.

“Pemerintah Kota Kupang terus melakukan evaluasi pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pelatihan serta perbaikan setiap tahunnya,” ujar Drs. Yoseph Rera Beka selaku salah satu anggota penggagas Tim Paskribraka Kota Kupang tahun 1998. Di akhir sambutannya Asisten Pemerintahan Setda Kota Kupang menghimbau agar para calon anggota Paskibraka semangat dan serius mengikuti pelatihan. “Anggota Paskribraka harus punya mental yang kuat untuk menjalankan tugasnya,” ujarnya. (hms/rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed