oleh

Besok, Siswa SD-SMP se-Kota Kupang Deklarasi “Ayo Berubah”

Kupang, RNC – Sedikitnya lima ribu siswa dari seluruh SD dan SMP akan turun lapangan mendeklarasikan Gerakan Sekolah Bersih dan Sehat. Selain siswa, turut serta para guru dan ASN lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang.

Aksi ini dalam rangka menyongsong HUT ke-74 Republik Indonesia. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari Festival Ayo Berubah. Setelah aksi ini, para siswa kemudian membersihkan lingkungan sekolah masiing-masing. Selanjutnya, semua sekolah akan dinilai oleh tim juri. Sekolah yang mendapat nilai tertinggi akan mendapat hadiah dari wali kota.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas P dan K Kota Kupang, Okto Naitboho S.pd, M.Si kepada RakyatNTT.com, Senin (05/08/2019) di ruang kerjanya, mengatakan Dinas P dan K beserta SD/MI dan SMP/MTS se-Kota Kupang siap berubah dalam hal kebersihan dengan cara menjaga dan memelihara lingkungan yang bersih dan sehat. Untuk mewujudkan hal ini, digelar perlombaan sekolah bersih dan sehat. Sekolah yang paling bersih akan mendapat penghargaan dari wali kota dan hadiahnya akan diberikan usai upacara 17 Agustus 2019.

Naitboho mengatakan pada acara puncak yakni 17 Agustus ada pentas seni dan literasi dari setiap sekolah yang bernuansa ajakan kepada setiap elemen agar dapat memelihara dan menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. “Setelah itu akan dilanjutkan dengan ekspresi dari masing-masing sekolah dengan puisi, pidato dan lagu-lagu yang bernuansa ajakan menjaga kebersihan,” katanya.

Disebutkan, acara deklarasi ini dilaksanakan Selasa (6/8/2019) besok, pukul 15.00 di Jalan El Tari, tepatnya di depan kantor Gubernur NTT. Para peserta deklarasi selanjutnya dilepas langsung Wali Kota Kupang, Dr. Jefri Riwu Kore. Para peserta yang berjumlah lima ribuan orang kemudian mengikuti jalan santai menuju Jalan S. K. Lerik dan finis di halaman Kantor Wali Kota Kupang.

Acara dilanjutkan dengan pentas seni dan musikalisasi puisi yang bernuansa ajakan bagi seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Sementara itu, dalam sesi konferensi pers di kantor Dinas P dan K, Sekretaris Dinas P dan K Kota Kupang, Dumuliahi Djami mengatakan aksi besok hanya berupa deklarasi Ayo Berubah dan gerakan kebersihan di lingkungan sekolah. Selanjutnya aksi pada Jumat (9/8/2019) nanti melibatkan 50 ribu orang termasuk para siswa di sekolah masing-masing. (rnc04)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *