oleh

BPJS Kesehatan dan Pers Kawal Implementasi Program JKN-KIS

Iklan Demokrat

Ende, RNC – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Ende menggelar media gathering dan sosialisasi pengelolaan informasi publik (PIP). Bincang santai dengan awak media tersebut berlangsung di lantai II Kantor BPJS Ende, Kamis (7/10/2021).

Kegiatan sosialisasi dengan menggunakan fasilitas zoom meeting ini diikuti langsung Deputi Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Bali, NTT dan NTB beserta jajaran dan awak media se-Provinsi Bali, NTT dan NTB. Kegiatan ini sekaligus sosialisasi tentang pelayanan BPJS Kesehatan.

Iklan Dimonium Air

Deputi Direksi Wilayah Bali, NTT dan NTB, Agung Putu Darma saat membuka acara mengapresiasi awak media se-Provinsi Bali, NTT dan NTB yang turut hadir dalam sosialisasi ini baik secara offline maupun online. “Kita harus semakin meningkatkan komunikasi kepada masyarakat termasuk terkait transisi antara Care Center yang semula 1500400 menjadi 165. Karena itu harus dilakukan oleh BPJS Kesehatan dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, khususnya kepada para peserta program JKN-KIS, sehingga apa yang diharapkan dapat dinikmati oleh para peserta,” ungkapnya.

Agung menambahkan, menggunakan nomor layanan masyarakat tiga digit untuk BPJS Kesehatan Care Center dapat memudahkan masyarakat dan peserta dalam mengingat nomor, menyampaikan permintaan informasi dan pengaduan layanan.

Selanjutnya, Asisten deputi Pengelolaan Kinerja Kantor Cabang (PKKC), Wiwiek Yulia, menyampaikan berbagai inovasi dilakukan untuk meningkatkan kepuasan peserta yang selama ini telah menjadi fokus Program JKN-KIS.

Sejauh ini peserta JKN-KIS NTT yang telah terserap adalah 4 juta jiwa total dari 5 juta jiwa artinya bahwa secara porsentase telah tercapai 86,2 %.

Yulia menambahkan BPJS memberikan solusi dalam pelayanan agar selama masa pandemi masyarakat tidak memiliki kendala pelayanan terutama pelayanan administrasi. Pelayanan non tatap muka yang ditawarkan antara lain Aplikasi Mobile JKN, PANDAWA (Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp), BPJS Kesehatan Care Center 165, VIKA (Voice Interactive JKN), CHIKA (Chat Assistant JKN).

Baca Juga:  Komisi Informasi NTT Perkenalkan KIP di Kabupaten Ende

Kepala BPJS Ende, Joys Karman Nike Palupi menyampaikan saat ini Ende sedang gencar menyosialisasikan kepada masyarakat untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN-KIS, Aplikasi Care Center 165 dan layanan administrasi WhatsApp PANDAWA 081 246 124 822.

PANDAWA sendiri merupakan layanan yang dijawab langsung oleh petugas masing-masing kantor cabang dengan nomor yang berbeda. Untuk mengetahui nomor PANDAWA masing-masing wilayah domisili silakan akses informasi melalui sosial media resmi BPJS Kesehatan atau bisa dapatkan informasi melalui layanan CHIKA (Chat Assistant JKN) di nomor 165.

Menurutnya, media juga berperan aktif sebagai mitra strategis dalam menyampaikan informasi-informasi secara akurat dan benar sehingga dapat menepis pemberitaan-pemberitaan yang tidak dapat dipertangung jawaban atau hoaks. (rnc16)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed