oleh

Buang Sampah ke Kali, Wali Kota Warning Pedagang Pasar Kasih

Iklan Demokrat

Kupang, RNC – Aksi jumat bersih yang menjadi agenda rutin Pemerintah Kota Kupang kembali dilaksanakan, Jumat (19/7/2019. Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan kerja bakti di tiga pasar yang ada di Kota Kupang, yakni Pasar Kasih Naikoten, Pasar Oeba dan Pasar Oesapa. Aksi ini diikuti langsung Wali Kota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore. Wali kota tampak memantau langsung aksi jumat bersih di Pasar Kasih Naikoten I. Ia mengelilingi seluruh lokasi pasar yang menjadi titik tumpukan sampah para pedagang. Salah satu titik yang sangat memprihatinkan yakni di bantaran kali, bagian belakang Pasar Kasih.

Lokasi tersebut menjadi tempat pembuangan sampah plastik dari sejumlah kios dan penjual ayam potong yang menghuni lapak bagian timur Pasar Kasih. Salah satu pedagang, Om Kohe, yang terus mendampingi Wali Kota Jefri mengaku sampah yang menumpuk di bantaran kali dibuang pedagang pada malam hari saat pasar sudah sepi.

Iklan Dimonium Air

Hal ini diakui oleh Direktur Perusahaan Daerah Pasar Kota Kupang, Okto Riwu. Ia membenarkan kali tersebut menjadi sasaran seluruh penjual untuk membuang sampah, karena lokasi tersebut berdekatan dengan lapak penjualan ayam potong, daging sapi dan pasar ikan. Kali tersebut tak luput dari tulang ikan, kotoran ayam, hingga bau busuk yang menyengat. Dirinya sudah memperingatkan berulang kali, baik lisan maupun tulisan namun tidak dihiraukan.

“kami sudah ingatkan berkali-kali namun tidak digubris. Dong anggap enteng bapak, kalau pasar sudah sepi lalu dong buang ini plastik, tulang ikan, ta’i ayam, bahkan ikan yang sonde laku juga dibuang ke sini,” ujar mantan pensiunan polisi tersebut.

Wali Kota Kupang Dr. Jefri Riwu Kore sangat prihatin dengan kondisi tersebut. Ia menegaskan bahwa akan membongkar lapak penjual ayam dan ikan dengan ekskavator jika masih buang sampah sembarangan. Karena dirinya akan segera menurunkan alat berat untuk mengeruk bantaran kali hingga bersih. “Ini sudah dilaksanakan mulai pekan depan,” tegas wali kota yang dikenal dengan gaya blusukan tersebut.

Usai melakukan peninjauan, ia langsung memerintahkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kupang Yeri Padji Kana untuk segera menindaklanjuti arahannya tersebut. Yeri Padji Kana yang berada di lokasi langsung memasukkan permintaan wali kota sebagai agenda penting untuk dilaksanakan pekan depan. (rnc02)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed