oleh

Dalam Sepekan, Positif Covid-19 di NTT Melonjak 80 Persen, Begini Datanya

Sabun Herbal Cyrus

Kupang, RNC – Per Minggu (18/5/2020) hari ini, jumlah akumulatif pasien positif Covid-19 di NTT sudah mencapai 68 orang. Kurva positif Covid-19 yang sebelumnya melandai, tiba-tiba menanjak tajam.

Pasien pertama yang terkonfirmasi positif Covid-19 terjadi pada 9 April lalu. Kemudian selama 20 hari tidak ada lagi yang dinyatakan positif. Yang meningkat hanya jumlah orang dalam pemantauan (ODP), pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang tanpa gejala (OTG) di hampir semua kabupaten/kota.

Baru pada 30 April, secara mengejutkan ada 9 pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Diketahui mereka berasal dari klaster Sukabumi. Jumlah pasien positif Covid-19 pun menjadi 10 orang.

Selanjutnya pada 4 Mei terdapat 1 kasus positif, 6 Mei 1 kasus dan 9 Mei 1 kasus. Pada 10 Mei tidak ada penambahan kasus. Namun, mulai 11 Mei kurva angka positif mulai bergerak naik dengan 2 kasus positif. Pada 12 Mei terdapat 3 kasus. Lalu pada 13 Mei melonjak menjadi 12 kasus.

Selanjutnya, pada 14 Mei 9 kasus, 15 Mei 8 kasus, 16 Mei 12 kasus dan 17 Mei 9 kasus. Total menjadi 68 kasus. Dari jumlah itu, terdapat 6 orang sembuh dan 1 orang meninggal dunia.

Dalam tujuh hari terakhir, mulai 11 sampai 17 Mei, kurva positif menanjak tajam, yakni terdapat 55 kasus positif atau naik 80 persen. Padahal, sebelumnya dalam kurun waktu 9 April sampai 10 Mei, jumlah positif hanya 13 kasus.

Kenapa jumlah positif melonjak tajam? Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, drg. Dominikus Minggu Mere, angka positif melonjak karena RSUD Johannes sudah bisa melakukan pemeriksaan sampel swab sendiri. Selama ini sampel swab dikirim ke laboratorium di Jakarta dan Surabaya.

“Jadi pemeriksaan lebih cepat dan kita langsung umumkan (hasilnya) keesokan harinya,” ujar Domi saat jumpa pers belum lama ini.

Untuk diketahui, saat ini dari 68 pasien positif, sebanyak 6 pasien dinyatakan sembuh atau 8,8 persen. Sementara yang meninggal 1 orang atau 1,4 persen.

Persentase kesembuhan pasien di NTT masih jauh di bawah rata-rata nasional, yakni 23,5 persen. Untuk persentase angka kematian NTT masih lebih baik dari rata-rata nasional yang mencapai 6,5 persen. (rnc)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed