oleh

Kemendagri Gelar Gladi Pelantikan Penjabat Gubernur NTT

Jakarta, RNC – Bertempat di Sasana Bhakti Praja, Gedung C, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Senin (4/9/2023) siang dilaksanakan gladi pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur oleh protokoler Kemendagri.

Ada dua sesi gladi yang dipandu tim protokol Kemendagri. Pertama gladi pelantikan Penjabat Gubernur dan kedua gladi pelantikan Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK.

Gladi yang dilaksanakan oleh Protokol Kemendagri tersebut merupakan persiapan akhir menjelang acara pelantikan yang akan dilangsungkan pada Selasa (5/9/2023) oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian atas nama Presiden Joko Widodo di Sasana Bakti Praja, Gedung C, Kantor Kemendagri. Acara pelantikan tersebut dijadwalkan akan dimulai pukul 09.00 WIB dengan menghadirkan unsur Forkopimda dari masing-masing daerah.

Untuk diketahui, sebelumnya Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Ayodhia Kalake sebagai Penjabat Gubernur NTT menggantikan Viktor Bungtilu Laiskodat dan Josef Adreanus Nae Soi, yang akan berakhir masa jabatannya 5 September 2023.

iklan pemprov
Ads

Presiden Jokowi diinformasikan telah memutuskan 10 Penjabat Gubernur untuk 10 provinsi yang masa jabatannya berakhir pada September 2023. Ayodhia Kalake ditunjuk bersama 9 pejabat eselon I lainnya sebagai Pj Gubernur.

Ke-10 nama Penjabat Gubernur itu adalah Hassanudin (Sumatera Utara), Bey T. Machmuddin (Jawa Barat), Nana Sudjana (Jawa Tengah), Sang Made Mahendra Jaya (Bali), Ridwan Rumasukun (Papua), Ayodhia Kalake (Nusa Tenggara Timur), Lalu Gita Ariadi (Nusa Tenggara Barat), Harrison Azroi (Kalimantan Barat), Andap Budhi Revianto (Sulawesi Tenggara), dan Bachtiar Baharuddin (Sulawesi Selatan).

Sekretaris Daerah Provinsi NTT Kosmas Lana dalam rapat terbatas bersama beberapa Kepala Perangkat Daerah Provinsi NTT usai pelaksanaan gladi pelantikan Pj Gubernur di Jakarta mengonfirmasi terkait update pelaksanaan pelantikan Pj. Gubernur NTT dan juga Serah Terima Jabatan (Sertijab) Gubernur.

Baca Juga:  DPC Gerindra se-NTT Usulkan Fary Francis Calon Gubernur NTT

“Usai pelaksanaan acara pelantikan Pj. Gubernur tersebut oleh Mendagri Tito Karnavian, dilanjutkan acara sertijab Gubernur NTT dari bapak Viktor Bungtilu Laiskodat kepada Pj. Gubernur yang baru bapak Ayodhia Kalake bertempat di lantai 3 Gedung A Kemendagri,” jelas Kosmas.

Selanjutnya, kata dia, Pj. Gubernur NTT dan ibu Sofiana Milawati selaku Pj. Ketua TP PKK NTT direncanakan akan tiba di Kupang pada Kamis (7/9/2023) siang.

Pada saat tiba di Bandara El Tari Kupang, Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake bersama Pj. Ketua Tim PKK dan rombongan akan disambut oleh Forkompimda NTT dan Sekda NTT serta dirangkai dengan sapaan adat Natoni dan tarian Kataga serta pengalungan kain tenun adat yang merupakan “kekayaan intelektual NTT”. (*/rnc)

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *