oleh

Tak Wajar, Tunjangan 37 Anggota DPRD Kota Kupang Naik Rp6,6 Miliar

Kupang, RNC – Sebanyak 37 anggota DPRD Kota Kupang menikmati kenaikan tunjangan yang signifikan sejak Oktober 2022 lalu. Tak pelak, tunjangan tersebut dinaikkan hingga 100 persen!

Berdasarkan Peraturan Wali Kota Kupang Nomor 39 Tahun 2022 yang ditandatangani Penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjoh pada 23 September 2022 lalu, tunjangan yang dinaikkan itu adalah tunjangan transportasi dan tunjangan perumahan.

Tunjangan transportasi diadakan sebagai biaya sewa kendaraan anggota dewan. Sementara tunjangan perumahan khusus untuk menyewa rumah. Dalam Pasal 2 Perwali Nomor 39 tersebut, disebutkan rumah untuk anggota dewan seluas 150 meter persegi dan luas tanah 350 meter persegi. Sementara mobil minimal 2.000 cc.

tunjangan 1
Bunyi Pasal 2 Perwali Nomor 39 Tahun 2022 yang mengatur tentang tunjangan perumahan 37 anggota DPRD Kota Kupang.

Anggaran untuk tunjangan perumahan ditetapkan sebesar Rp17 juta per orang per bulan. Jumlah ini naik 100 persen dibanding sebelumnya. Untuk diketahui, dalam Perwali Nomor 3 Tahun 2019 yang ditandatangani Wali Kota Jefri Riwu Kore, jumlah tunjangan perumahan ditetapkan Rp8,5 juta per orang per bulan. Tunjangan perumahan ini dikhususkan bagi anggota DPRD. Sementara untuk 3 orang pimpinan DPRD sudah diberi fasilitas rumah dinas.

Kemudian tunjangan transportasi sesuai Perwali Nomor 39, ditetapkan sebesar Rp21 juta per orang per bulan. Jumlah ini naik signifikan dibanding sebelumnya yang ditetapkan sebesar Rp14,5 juta per orang per bulan.

Dengan demikian, sejak Oktober 2022 lalu, setiap anggota DPRD Kota Kupang menerima tunjangan transportasi dan tunjangan perumahan sebesar Rp38 juta per bulan. Jumlah ini naik Rp15 juta dari sebelumnya Rp23 juta per bulan.

tunjangan 2
Pasal 3 Perwali Nomor 39 Tahun 2022 tentang tunjangan transportasi bagi 37 anggota DPRD Kota Kupang.

Total tunjangan perumahan dan transportasi anggota dewan per orang per tahun mencapai Rp456 juta atau naik sebesar Rp180 juta dari tahun sebelumnya. Total tunjangan transportasi dan perumahan yang disiapkan untuk 37 anggota dewan per tahun mencapai Rp16.872.000.000 atau naik sebesar Rp6.660.000.000.

Baca Juga:  Bandara El Tari Turun Kasta, Bandara Komodo Tetap Internasional

Diberitakan sebelumnya, APBD Perubahan tahun anggaran 2022 Kota Kupang diketok DPRD Kota Kupang pada Sabtu (1/10/2022) dini hari. Kepada RakyatNTT.com, usai penandatanganan penetapan Perda Perubahan APBD Kota Kupang di kantor DPRD Kota Kupang, salah satu Anggota Banggar DPRD yang tak mau ditulis namanya mengatakan kenaikan tunjangan ini dikarenakan adanya kenaikan harga BBM.

Selain itu, ia juga mengatakan, dana miliaran itu juga akan digunakan untuk 1 kali perjalanan dinas. Dalam anggaran itu, sudah termasuk membiayai transportasi dan konsumsi. Khusus penginapan, ia tidak menyebutkannya.

Sekretaris DPRD Kota Kupang, Rita Haryani yang dikonfirmasi juga membenarkan hal itu. Ia mengatakan ada kenaikan pagu anggaran DPRD Kota Kupang, walau tak dijelaskan secara rinci item-item kegiatan dalam APBD perubahan yang telah diketok tersebut.

“Penambahan anggaran disetujui dengan penambahan anggaran Rp3.418.500.000,” ungkap Rita Haryani saat membacakan laporan hasil pembahasan Badan Anggaran DPRD. (rnc)

 

Editor: Semy Rudyard H. Balukh

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *