oleh

Membanggakan! Anak Yatim Asal Flotim jadi Siswa Terbaik Dikmata Marinir Tahun 2022

Kupang, RNC – Prajurit Dua (Prada) Marinir Daniel Dalu Ritan telah menyelesaikan Pendidikan Pertama Tamtama (Dikmata) XLI TA 2022. Daniel berhasil menyisihkan 248 siswa lainnya untuk meraih predikat siswa terbaik menjadi seorang prajurit petarung Korps Marinir yang siap membela bangsa dan negara.

Dikutip dari inews-id, Daniel dilahirkan di Malaysia, 26 April 2000 merupakan anak keempat dari lima bersaudara. Ayahnya bernama (Alm) Dominikus Dadu Ritan dan ibunya bernama Fransiska Sabu Mare.

Saat berusia dua tahun, Dominikus memboyong keluarganya kembali ke Larantuka, Flores, NTT. Setelah pindah ke NTT, tidak lama kemudian ayahnya meninggal dunia. Saat itu, keluarganya dalam keadaan kurang mampu, sehingga ibunya terpaksa meninggalkan anak-anaknya untuk mengadu nasib menjadi asisten rumah tangga di negeri jiran Malaysia.

Saat ditinggal sang ibu ke Malaysia, pengasuhan anak-anak diambil alih oleh kakak kandung Daniel yang baru saja menamatkan sekolah dasar (SD).

Sang kakak setelah lulus SD memutuskan untuk tidak melanjutkan pendidikannya ke jenjang lebih tinggi karena harus berjuang sebagai ayah dan ibu untuk mengasuh serta mencari makan bagi adik-adiknya yang masih membutuhkan figur kasih sayang dari orang tua.

Kakak Daniel bekerja serabutan untuk bertahan hidup, termasuk memotong rumput di pinggir jalan atau pekerjaan lainnya jika ada yang meminta jasanya. Saat adik-adiknya sakit terkadang kakak Daniel harus berjuang mencari obat berupa dedaunan di hutan untuk mengobati adik-adiknya yang sakit.

Di saat senggang mereka pergi ke hutan mencari kayu bakar untuk dijual di kota. Bila beruntung, di hutan mereka bisa menangkap hewan liar untuk dikonsumsi sebagai penambah protein hewani.
Sementara itu, pendidikan Daniel dimulai di taman kanak-kanak Rosa Delima di Desa Lamika, kemudian SD Katholik Lamika hingga SMPN Demon Pagong. Daniel kemudian melanjutkan tingkat pendidikan menengah atas di SMA Katholik Bhaktyarsa Maumere, Sikka, NTT.

Baca Juga:  PDIP Jaring Cakada NTT, Frans Aba Pertama Daftar jadi Bacagub

Setelah tamat SMA, Daniel memutuskan mendaftar menjadi prajurit TNI Angkatan Laut (AL). Daniel akhirnya lulus seleksi setelah mengikuti tes terakhir di Lapetal Malang. Daniel kini sebagai Prada Marinir ingin melanjutkan kariernya menjadi prajurit intai amfibi. Dia juga berharap kelak bisa kembali bertemu ibunya.

(*/inw/rnc)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *