oleh

Merajut yang Tercecer

Sabun Herbal Cyrus

Minggu Komunikasi Sedunia
Injil Yohanes: 17:1-11a

Oleh: Germanus S. Attawuwur

HARI Minggu Paskah Ketujuh diperingati sebagai hari Komunikasi Sedunia. Maka hari ini adalah Minggu Komunikasi Sedunia yang ke-54. Temanya:” HIDUP MENJADI CERITA,” (Menjahit Kembali yang Putus dan Terbelah), yang terinspirasi dari Kitab Keluaran 10:2.

Paus menulis bahwa: “Manusia adalah makhluk pencerita. Dia sebagai makhluk pencerita karena dia adalah mahkluk yang berkembang yang dalam perjalanan hidupnya diperkaya oleh berbagai alur cerita. Karena itu, sejak kecil tanpa disadari kita “lapar” akan cerita sebagaimana lapar akan makanan. Ceritera-cerita itu membekas dan mempengaruhi keyakinan serta perilaku kita.”

Sementara itu beliau juga mengatakan bahwa Kitab Suci adalah cerita dari segala cerita. Betapa banyaknya peristiwa bangsa dan pribadi yang dikisahkan kepada kita. Ini menunjukkan bahwa sejak awal mula, Allah Sang Pencipta sekaligus adalah Narator. Sungguh, Ia mengucapkan sabda-Nya dan segala sesuatu ada (Bdk. Kej. 1). Melalui narasi yang dibuat-Nya Allah memanggil segala sesuatu kepada kehidupan. Dan pada puncaknya, Ia menciptakan laki-laki dan perempuan sebagai rekan dialog-Nya yang bebas.

Pada bagian akhir suratnya beliau menulis:” Injil juga merupakan cerita. Ia menyampaikan informasi sekaligus “menunjukkan” kepada kita siapa Yesus, dan membuat kita sesuai pada-Nya.” Kemudian beliau melanjutkan bahwa:” Injil Yohanes mengatakan narator yang sesuangguhnya – Sang Sabda – itu sendiri menjadi cerita (Yoh.1:18). Allah secara pribadi telah membuat diri-Nya terajut ke dalam kemanuisaan kita, yang memberi cara baru merajut cerita-cerita kita.”
Injil yang dibacakan pada Hari Minggu Komunikasi Sedunia ini, adalah injil Yohanes tentang Doa Yesus untuk murid-murid-Nya, juga untuk mereka yang percaya kepada-Nya (Yoh. 17:9.20).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed