oleh

Pemkot Kupang Anggarkan Rp14 Miliar untuk Air Bersih pada Tahun 2023

Kupang, RNC – DPRD dan Pemerintah Kota Kupang telah menyepakati anggaran senilai Rp14,9 miliar untuk pembangunan fasilitas air bersih pada tahun 2023 mendatang. Anggaran ini untuk lanjutan pembangunan jaringan SPAM Kali Dendeng dan pembangunan SPAM Air Hitam.

Berdasarkan data yang diterima RakyatNTT.com, anggaran senilai Rp14,9 miliar itu dialokasikan untuk 3 kegiatan, yaitu Rp7 miliar untuk pembangunan lanjutan jaringan sekunder dan tersier SPAM Kali Dendeng. Kemudian, Rp3 miliar untuk pembangunan SPAM Air Hitam di lokasi Kampus UKAW Kupang.

banner BI FAST

Selanjutnya, penyertaan modal bagi Perumda Air Minum Tirta Bening senilai Rp4,9 miliar. Penyertaan modal ini untuk membiayai pemasangan sambungan rumah gratis bagi 1.081 warga dan juga rehabilitasi jaringan sekunder dan tersier.

Khusus untuk pembangunan SPAM Air Hitam, anggaran yang disetujui hanya Rp3 miliar dari sebelumnya Rp4,5 miliar sesuai perencanaan awal. Program pembangunan SPAM Air Hitam ini, pada pembahasan APBD tahun anggaran 2023, tidak diusulkan oleh Pemkot Kupang. Namun, dalam sidang, program ini didorong oleh DPRD dengan menggunakan anggaran sebesar Rp 3 miliar saja.

Diwawancarai RakyatNTT.com belum lama ini, Plt. Direktur Perumda Air Minum Kota Kupang, Romy Seran mengatakan dana penyertaan modal yang dialokasikan akan digunakan untuk pembangunan jaringan air bersih di Kota Kupang, termasuk jaringan SPAM Air Hitam untuk menjangkau masyarakat di Kota Kupang bagian timur seperti Lasiana, Oesapa hingga Penfui.

“Untuk 1.081 SR (sambungan rumah) gratis ini nantinya juga akan terkonek dengan SPAM Air Hitam,” katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Kota Kupang, Miky Natun mengatakan Komisi III DPRD Kota Kupang telah mengusulkan kembali pembangunan SPAM Air Hitam yang telah direncanakan Dinas PUPR sebelumnya.

Baca Juga:  Hujan Nonstop Guyur Kota Kupang, Jalan dan Pemukiman Warga Tergenang

Menurutnya, walaupun dengan nilai Rp3 miliar, proyek itu tetap akan dikerjakan. Pengerjaannya bisa dimulai dari intake dan pemasangan jaringan ke reservoir yang sudah ada di wilayah Bimoku. “Karena ada penyesuaian, maka kita kerjanya step by step (bertahap),” ungkapnya.

Miky juga menyampaikan bangunan SPAM Air Hitam ini dipastikan bakal terhubung dengan jaringan yang sudah dibangun oleh Perumda Air Minum sebelumnya. “Kami juga tetap berkoordinasi dengan Perumda Air Minum,” pungkasnya. (rnc04)

Dapatkan update informasi setiap hari dari RakyatNTT.com dengan mendownload Apps https://rakyatntt.com

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *